Pasien Terkonfirmasi Positif Setelah Dirawat, Puluhan Nakes RSU Negara Diswab | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 04 Agustus 2020
Diposting : 2 August 2020 22:49
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ PENAMBAHAN - Gugas Jembrana mengkonfirmasi adanya penambahan pasien positif Covid-19.
Balitribune.co.id | Negara - Sepekan setelah kunjungan Gubenur Bali Wayan Koster ke Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrnana, seorang warga Baler Bale Agung Negara terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani perawatan di RSU Negara. Kini puluhan tenaga kesahatan di RSU Negara akan kembali diswab.
 
Setelah sempat stagnan hingga sepekan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Jembrana, Minggu (2/8), kembali mengalami penambahan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana, Minggu kemarin ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien anyar tersebut seorang ibu rumah tangga berusia 58 tahun. Warga Baler Bale Agung, Kecamatan Negara tersebut baru terkonfirmasi positif setelah menjalani perawatan medis di RSU Negara.
 
Pasien yang memiliki riwayat penyakit diabetes militus (kencing manis) ini dirawat setelah sempat mengalami demam dan sesak nafas. Hasil rontgent menunjukan adanya pneumonia akut. Saat dilakukan rapid test hasilnya menyatakan non reaktif. Sedangkan hasil pemeriksaan swab PCRnya keluar setelah pasien dirawat sehingga dipindahkan ke ruang isolasi. Juru Bicara Gugas Jembrana dr. I Gusti Agung Putu Arisantha dikonfirmasi Minggu kemarin mengakui kondisi pasien selama menjalani perawatan di RSU Negara memburuk. “Sempat seminggu demam, rapid testnya non reaktif tapi sesak. Perlahan selama tiga hari kondisinya memburuk. Saturasi oksigennya menurun sehingga dipasang ventilator,” ujarnya. 
 
Setelah dirawat selama tiga hari, pasien tersebut akhirnya dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar. “Dirujuknya karena kondisinya memburuk akibat pnemoni. Ini baru pertamakali pasien terkonfirmasi yang dirujuk menggunakan ventilator,” ungkapnya. Karena terkonfirmasi Covid-19 setelah dalam perawatan tenaga kesehatan di RSU Negara akan di swab. “Ada puluhan tenaga medis di RSU Negara yang akan diswab dan menjalani karantina,” ujarnya. 
 
Kondisi ini menurutnya juga sempat terjadi saat pasien bayi terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Selain terhadap tenaga medis yang sempat merawat, pihaknya juga melakukan treking kontak. “Untuk keluarga ada tiga orang yakni suami dan kedua anaknya yang juga memiliki gejala yakni riwayat demam. Sedangkan kontak erat diluar keluarga ada lima orang tetangganya sehingga total delapan orang hasil tresing,” paparnya.
 
Menurutnya, pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar wilayah. Yang justru lebih dulu deman adalah anaknya. Sehingga dengan bertambahnya satu pasien ini kini total pasien terkonfirmasi positif di Jembrana sudah mencapai 60 orang dan masih ada empat orang yang di rawat di RSU Negara serta pasien yang dirujuk ke RSU Negara tersebut. Ia juga menyebut saat ini di RSU Negara masoh dirawat empat pasien susfect. “Hasil rapid testnya semuanya reaktif, tinggal menunggu hasil tets swabnya,” tandasnya.