PDAM Bangli Lakukan Pergantian 12 Unit Pompa | Bali Tribune
Diposting : 12 January 2022 21:32
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / Gusti Agung Jelantik Sutha Baskara

balitribune.co.id | BangliKondisi pompa yang dimanfaatkan PDAM Tirta Danu Arta ternyata banyak yang rusak. Buktinya pada tahun 2021 perusahan daerah ini lakukan pergantian 12 unit pompa. Pergantian pompa telan anggaran miliaran rupiah.

Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Danu Arta, Gusti Agung Jelantik Sutha Baskara mengatakan pergantian pompa dilakukan karena kondisi pompa rusak. Menurut Gusdti Baskara kerusakan pompa dominan dikarenakan tegangan listrik dari PLN yang fluktuatif (Voltage Fluctutation) atau terjadi perubahan tegangan. Disamping itu kerusakan pompa juga karena tersambar petir. ”Tahun 2021 kita lakukan pergantian 12 unit pompa, jika tidak dilakukan pergantian suplay air terganggu,” ujarnya, Rabu (12/1).

Lanjut Gusti Baskara, pergantian pompa butuh anggran yang tidak sedikit, pergantian satu unit pompa habiskan anggaran berkisar Rp 100- Rp. 200 juta. Sementara jumlah pompa yang dimanfaatkan sebanyak 37 unit yang tersebar di beberpa sumber mata air. ”Untuk pergantian pompa memang butuh waktu karena harus menunggu ketersedian barang dari penyedia,” katanya.

Memasuki musim penghujan terjadi penurunan pendapatan perusahan, hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Hal tersebut dikarenakan banyak konsumen saat musim penghujan memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air. Seperti yang dilakukan konsumen di Kecamatan Kintamani dan Tembuku. ”Sebelum dilayani PDAM, masyarakat disana manfaatkan air hujan yang ditampung dalam cubang, nah ketika memasuki musim penghujan masyarakat tamping air hujan untuk memenuhi kebutuhan air sehari- hari dan mereka baru manfaatkan air dari PDAM ketika stok air cubang habis,” sebutnya.

Menurut Gusti Baskara, dalam kondisi normal pendapatan yang diraih dari penjulan air Rp 2,2 miliar perbulan. “Dari laporan yang kami terima penurunan pendapatan diangka 500 juta perbulan,” sebutnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler