Pembuat Kue Sien Thou Khas Imlek Mulai Terima Pesanan | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 20 January 2023 06:10
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / IMLEK - Kue Sien Thou khas Imlek yang dibuat untuk memenuhi pesanan menjelang Tahun Baru Cina
balitribune.co.id | DenpasarBeberapa hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, pembuat kue Sien Thou khas Imlek di Denpasar sudah menerima pesanan. Kue Sien Thou menjadi salah satu jajanan yang dibuat menjelang perayaan Imlek. Salah seorang pembuat kue khas Imlek di Denpasar, Ni Wayan Raba mengakui pesanan tahun ini belum sebanyak sebelum pandemi Covid-19. 
 
Kata dia, pemesanan kue khas Imlek yang satu ini masih sedikit lesu, apalagi terjadi kenaikan harga bahan baku yang menyebakan Kue Sien Thou diproduksi hanya berdasarkan pesanan saja. "Sekarang ini pesanan belum banyak seperti sebelum pandemi. Saya sudah mulai produksi Kue Sien Thou 20 paket dalam sehari yang dijual di toko," katanya, Rabu (18/1).
 
Selain Kue Sien Thou, ia juga membuat kue khas Imlek lainnya seperti kue keranjang yang diproduksi sekitar seminggu jelang perayaan Tahun Baru Cina. "Kue Sien Thou adalah kue empuk yang dibuat menyerupai buah persik dengan isian kacang tanah maupun kacang hijau digunakan pula sebagai persembahan bagi warga keturunan Tionghoa dalam persembahyangan Imlek," jelas Wayan Raba. 
 
Dibandingkan tahun lalu, dirinya bisa menerima pesanan hingga 400 kue, namun saat ini hanya sekitar 200 Kue Sien Thou yang diproduksinya. Pasalnya, saat ini terjadi kenaikan harga bahan baku seperti mentega, tepung dan gula menjadi kendala untuk bisa mempertahankan harga jual kue khas Imlek ini. "Sebungkus piring berisi 10 Kue Sien Thou dijual seharga Rp 25 ribu yang saya jual di toko," sebutnya. 
 
Pada perayaan Imlek tahun ini, Wayan Raba juga membuat kue berbahan baku yang sama berbentuk kura-kura. "Bentuk buah persik dan kura-kura sendiri dalam budaya etnis Tionghoa dipandang sebagai lambang dari keberuntungan, kemakmuran dan panjang umur. Kue - kue ini juga biasa dijadikan bingkisan saat perayaan Imlek," ujarnya.