Penyedia Teknologi Dukung Layanan Rumah Sakit Melalui Lemari Pensteril Pakaian Operasi di Masa Pandemi | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 16 April 2021
Diposting : 7 April 2021 19:51
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / STERILISASI PAKAIAN - lemari pintar yang mampu mengeliminasi berbagai bakteri, virus dapat mendukung proses sterilisasi pakaian operasi tenaga medis

balitribune.co.id | Denpasar - Penyedia teknologi mengarahkan inisiatif bagaimana teknologi mampu berperan lebih dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19. Hal ini mendorong perusahaan penyedia teknologi asal Korea Selatan untuk memberikan pengalaman menggunakan lemari pensteril pakaian kepada rumah sakit sebagai langkah dalam gerakan solusi pada masa pandemi ini. 

Lemari sebagai fungsi sanitasi pakaian berbentuk ringkas dengan tubuh menjulang ini sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia sebagai lemari pakaian yang pintar menjaga kesegaran dan higienitas pakaian. Kemampuannya ini terkaitan erat dengan terapan teknologi inovatif bernama TrueSteam™. Teknologi ini merujuk pada uap air yang dihasilkan hanya dari proses pemanasan air pada kompartemen khusus di bagian paling bawah.

President of Sales and Marketing LG Electronics Indonesia, TJ Lee mengatakan, PT LG Electronics Indonesia sebagai bagian dari komunitas Indonesia selama puluhan tahun, turut mengambil peran dalam penanggulangan pandemi ini dengan memfungsikan lemari sanitasi pakaian atau LG Styler di ruangan persiapan operasi Rumah Sakit Brawijaya Hospital Antasari, Jakarta Selatan. "Hal ini merupakan inisiatif terhadap kepedulian pada dampak pandemi Covid-19 di Indonesia," ulas Lee dalam siaran persnya, Rabu (7/4).

Ia menuturkan, cara kerja lemari pintar ini dalam membunuh bakteri dan virus yakni pada suhu panas yang kemudian mengalir melalui beberapa titik dalam kabin LG Styler. Perawatan dengan benar-benar 100% menggunakan uap air, tanpa tambahan bahan kimia apapun inilah yang membuatnya lebih aman bagi segala kemungkinan reaksi tertentu yang mungkin timbul bagi pengguna maupun kualitas pakaian.

Kata dia, lemari sanitasi pakaian ini mampu menghasilkan sekaligus mempertahankan uap bersuhu panas dalam derajat tertentu yang membuatnya optimal untuk mengeliminasi 99.9% berbagai virus, bakteri dan tungau debu penyebab alergi yang melekat pada pakaian dan telah mengantongi sertifikat hasil pengujian lembaga uji internasional British Allergy Foundation (BAF).

Dijelaskan Lee, lemari pintar tersebut akan menjalankan fungsinya untuk menjaga dan memastikan hiegienitas berbagai pakaian khusus yang akan digunakan para tenaga medis sebelum melakukan operasi. Sehingga pakaian yang dipergunakan menjadi steril dari partikel-partikel yang tidak diinginkan. “Kami berharap keberadaannya di rumah sakit dapat menjadi kontribusi lebih nyata mendukung tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan terus berupaya mencari berbagai peluang untuk dapat terus berkontribusi dalam mendukung langkah masyarakat menuju adaptasi kebiasaan baru yang lebih sehat yakni melalui berbagai pengembangan teknologi dalam produk dan layanan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler