Peringatan Gandhi Jayanti Ke-151 di Ashram Gandhi Puri Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 3 October 2020 12:39
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune / Peringatan Gandhi Jayanti Ke-151di Ashram Gandhi Puri Klungkung (2/10)

balitribune.co.id | Semarapura - Perayaan Gandhi Jayanti tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan yang dihelat pada Jumat, 2 Oktober 2020 memberikan kesan spesial bagi Shantisena Ashram Gandhi Puri karena perayaan tersebut bersamaan dengan peresmian Rshi Kirti Yogi Garden (kebun ketahanan pangan buat 45 warga Ashram) sekaligus menanam 151 bibit buah langka oleh Konsul Jenderal India HE Prakash Chand dan Direktur Svami Vivekananda Culture Centre Mr. Manohar Puri di Yoga Centre Ashram dengan area kebun yang cukup luas serta penyerahan sertifikat TTC Yoga 200 jam dimana selama 15 hari  Para shantisena diberikan life skill Yoga dan healing yang diberikan langsung oleh Guru senior Yogmantra Bali.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal India HE Prakash Chand mengatakan, “dimasa pandemi covid-19, hubungan Indonesia dan India lewat Pariwisata akan terbuka semakin erat dengan langkah-langkah riil yang telah dilakukan Ida Rshi Putra Manuaba. Anugerah Padma Shree Award yang disematkan kepada Ida Rshi Putra Manuaba oleh pemerintah India tentunya menjadikan jembatan komunikasi yang efektif bagi generasi muda kedua negara di bidang sosial, budaya dan pendidikan.” HE Prakash Chand menyambut positif Rshikirti Yogi Garden yg dikembangkan di Ashram Gandhi Puri Sevagram

Kegiatan yang berlangsung di Ashram Gandhi Puri Desa Paksebali, Klungkung ini bertujuan mengenang kembali sosok penegak Ahimsa dunia yang menginspirasi kehidupan bermasyarakat di zaman globalisasi saat ini. Sekaligus memasyarakatkan kembali sosok Gandhi dengan prinsip-prinsip yang dianutnya sehingga masyarakat paham dan mampu menerapkan prinsip tersebut guna tercapainya masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera.

 

Ada 11 prinsip yang dimuat dalam buku yang berjudul Mahatma Gandhi diantaranya Ahimsa (tanpa kekerasan), Satya (kejujuran), Asteya (tidak menginginkan hak orang lain), Brahmacarya (kesucian), Asanggraha (ketidak terikatan), Sarirasrama (kerja keras), Asvada (penguasaan indria), Sarwatra bhayawarjana (ketidak takutan), Sarwa Dharma Samanatva (menghargai segala keyakinan), Svadesi (percaya diri), Sparsabhavana (ego). Dari 11 prinsip Gandhi, satu yang paling terkenal yaitu Ahimsa sehingga Gandhi akrab disapa  Bapak Ahimsa Dunia.

Founder dan Owner Yogmantra Bali Mr. Anthoni dan Mrs. Prakna pun turut serta memeriahkan acara yang yang berlangsung Jumat sore itu. Yogmantra sendiri rutin memberikan beasiswa tetap setiap 3 bulan dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang sehingga setiap tahunnya akan terlahir 120-150 Guru Yoga yang siap untuk Memasyarakatkan yoga dan MeYogakan Masyarakat.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar karena dengan kegiatan yang berskala International secara langsung memperkenalkan potensi wilayahnya. “Semoga kegiatan positif seperti ini dapat berlangsung secara berkala dan berkelanjutan,” cetus salah seorang masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut.

 

Shantisena Ashram Gandhi Puri mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Yogmantra Bali yang telah berkenan memberikan kesempatan yang sangat luar biasa untuk bisa memperdalam yoga yang dibimbing langsung oleh guru profesianal dan berpengalaman dibidang yoga sehingga nantinya kami bisa berbagi sehat dengan orang-orang disekeliling kami. Seluruh kegiatan ini dapat berlangsung berkat kesempatan dan motivasi serta fasilitas yang disediakan oleh Ida Rsi Putra Manuaba. Terimakasih kami sampaikan yang sebesar-besarnya akan kesempatan yang mungkin tidak akan kami dapatkan ditempat lain. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kami dan masyarakat lainnya. Sekaligus menguatkan hubungan Indonesia India dimana Kami berfokus dengan Astakamala Project menyongsong 25 th Ashram Gandhi Puri.