Perlancar Mobilitas Sektor Pertanian, Bupati Suwirta Resmikan Jalan Usaha Tani | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 25 January 2021 01:44
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/RESMIKAN - Bupati Suwirta resmikan jalan Usaha Tani di Subak Pegatepan, Gelgel.
balitribune.co.id | Semarapura - Guna memperlancar mobilitas sektor pertanian dan sekaligus pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida meresmikan pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT) di Subak Pegatepan, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Sabtu (23/1/2021).
 
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta berharap dengan adanya jalan usaha tani untuk memperlancar mobilitas sektor pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produksi pertanian. "Jalan usaha tani ini juga bagus untuk jogging track dengan hamparan sawah yang hijau," Ujar Bupati Suwirta
 
Bupati Suwirta melihat dan mengawatirkan saluran irigrasi subak banyak dipenuhi dengan sampah plastik yang mengotori persawahan. Dengan program gema tansaplas dan TOSS desa bisa menuntaskan permasalahan disetiap lini. Pihaknya juga menugaskan dinas pertanian untuk membuat perencanaan total di subak yang belum tertangani dari jalan dan saluran irigrasinya. "Kalau ada ruang kita akan usulkan, Ini harus kita tuntaskan mungkin bertahap kalau bisa secepatnya," tegas Bupati Suwirta.
 
Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan bantuan pengerjaan jalan usaha tani di Subak Pegatepan didanai sebesar Rp 100 juta dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). "Jalan usaha tani berupa rabatan beton ketebalan 11 cm dengan panjang jalan mencapai 247 meter dengan lebar 1,5 meter dengan tujuan agar lebih memudahkan akses jalan para petani," ucap Juanida.
 
Kelihan Subak Pegatepan, Nengah Sirna mengucapkan terimkasih atas bantuan jalan usaha tani ini, tentunya bisa mendukung akses para petani. “Kami bersyukur, jalan usaha tani ini memang sudah ditunggu masyarakat untuk mempermudah, memperlancar aktifitas masyarakat dalam bertani di subak kami,” ujar Sirna. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler