PMI Asal Klungkung Positif Covid-19 Hasil Swab Test Dihari Kelima Karantina | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 11 Juli 2020
Diposting : 30 May 2020 13:56
I Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune / Bupati Klungkung Nyoman Suwirta (tengah)
balitribune.co.id| Klungkung - Sebanyak 3 orang pekerja PMI asal Kabupaten Klungkung dinyatakan positif Covid-19, saat menjalani masa karantina pada hari kelima di salah satu hotel yang ditunjuk Pemkab Klungkung, berdasarkan hasil pemeriksaan swab, Jumat (29/5). Setelah dinyatakan positif mereka langsung dikarantina oleh Provinsi Bali di BPK Pering (Gianyar).
 
Informasi yang dihimpun, ketiga PMI positif Corona tersebut masing-masing berasal dari tiga Kecamatan di Klungkung, yakni Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan, dan Kecamatan Nusa Penida. Ketiganya merupakan pekerja di kapal pesiar yang baru pulang dari Barbados, pada Jumat (22/5) lalu.
 
Begitu tiba di Bali mereka langsung menjalani karantina pada salah satu hotel yang ditunjuk Pemkab Klungkung. Setelah memasuki karantina pada hari kelima Rabu (27/5), mereka menjalani pemeriksaan swab dan dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil swab yang keluar 2 hari kemudian, Jumat (29/5).
 
Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni, mengatakan saat ini kondisi ketiga PMI dalam keaaan baik atau tanpa ada gejala. Karena masih menjalani karantina sehingga PMI yang bersangkutan belum sempat pulang, sehingga tidak ada kontak dengan keluarga di rumah mereka. "Sekarang mereka isolasi di karantina Propinsi Bali di Pering," ujar dr Made Swapatni.
 
Dengan penambahan 3 pasien Corona ini, maka jumlah pasien Corona di Klungkung sebanyak 23 orang. Di mana 19 orang sudah sembuh dan 4 orang masih dalam perawatan. Adapun rinciannya, di Kecamatan Klungkung 11 orang, sembuh 9 orang, 2 orang dalam perawatan. Kecamatan Banjarangkan 4 orang, 3 orang sembuh, 1 orang dalam perawatan. Kecamatan Dawan 7 orang dan semuanya sudah sembuh, Kecamatan Nusa Penida 1 orang dan masih menjalani perawatan.
 
Di sisi lain, sebanyak 50 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Klungkung kembali dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka dilepas langsung oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Klungkung, Jumat (29/5).
 
Mereka sebelumnya telah menjalani masa karantina disalah satu hotel yang ditunjuk Pemkab Klungkung. Sebelum pulang, para PMI ini juga telah menjalani test rapid dan swab yang hasilnya dinyatakan negatif.
Dengan pulangnya 50 PMI tersebut, maka jumlah PMI yang masih menjalani karantina pada hotel yang ditunjuk Pemkab Klungkung, sebanyak 72 orang dari total 444 PMI. Sementara jumlah PMI yang sudah selesai menjalani karantina 372 orang.
 
"Karantina di hotel merupakan bentuk penghargaan Pemkab Klungkung kepada para PMI yang telah berjuang diluar negeri untuk mencari devisa sebagai wujud keikutsertaan dalam membangun daerah khususnya membangun keluarga masing masing," ujar Bupati Suwirta Sabtu(30/5).