Diposting : 18 March 2020 07:06
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Kegiatan pengumpulan data (puldata) kondisi mental prajurit TNI di wilayah Korem 163/Wira Satya, khususnya di wilayah Garnizun Denpasar.
Balitribune.co.id | Denpasar - Bertempar di Aula Wira Satya Korem 163/Wira Satya, Denpasar, Selasa (17/3), Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dipimpin Kepala Tata Usaha Urusan Dalam Sekretariat Pusbintal TNI Letkol Caj IGN K Irianto Wiraguna, SH, MSi,  melaksanakan kegiatan pengumpulan data (puldata) kondisi mental prajurit TNI di wilayah Korem 163/Wira Satya, khususnya di wilayah Garnizun Denpasar. 
 
Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh AM Suharyadi, Satya, SIP, MSi, yang diwakili oleh Kasi Personel Korem 163/Wira Satya Letkol Caj I Putu Sutrisna mengapresiasi dan siap mendukung sepenuhnya digelarnya kegiatan tersebut, yang melibatkan 110 prajurit TNI dari  Makorem 163/Wira Satya, Kodim 1611/Badung, dan Badan Pelaksana Kodam IX/Udayana.
 
"Kegiatan ini tentu sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kondisi mental prajurit TNI, khususnya di wilayah Bali dan akan menjadi acuan bagi Komando Atas untuk mengambil langkah selanjutnya melalui kajian atau analisa. Sehingga, mental para prajurit akan semakin baik yang bermuara pada kemampuan yang semakin baik dan profesional dalam melaksanakan tugas pokok, sesuai bidang masing-masing," ujarnya.
 
Dalam sambutannya, Letkol IGN K Irianto Wiraguna, menjelaskan, kegiatan puldata tersebut dilaksanakan secara periodik setiap dua tahun sekali di setiap wilayah koordinasi Kodam, baik yang termasuk daerah basis, rawan kerusuhan maupun daerah pengamanan perbatasan dan lainnya. 
 
"Untuk Triwulan I Tahun Anggaran 2020 ini dilaksanakan di wilayah koordinasi Kodam IX/Udayana di perwakilan masing-masing satuan yang melibatkan dari tiga angkatan, yaitu Korem 163/Wira Satya, Lanal Denpasar dan Lanud I Gusti Ngurah Rai, dengan responden secara sampling terdiri dari Perwira (Pamen, Pama), Bintara, dan Tamtama," jelas Letkol Irianto Wiraguna. 
 
Hasil puldata tersebut akan menjadi laporan kepada  Panglima TNI, setelah dilakukan pengolahan dan analisa data yang diperoleh selama TA 2020 sebagai bahan pertimbangan dan sumbang saran pemikiran dalam pelaksanaan pembinaan mental (bintal) prajurit TNI kedepan. Dalam mekanismenya, selain arahan dari tim, juga dilakukan pengambilan data kepada seluruh prajurit dengan mengisi kuisioner untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan baik, tanpa ragu, dan apa adanya.