RSD Mangusada Digelontor Rp 30 M, Siapkan BOR dan Maksimalkan Penanganan Pasien Covid-19 | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 21 September 2021
Diposting : 21 July 2021 22:26
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune/ RSD MANGUSADA – Memaksimalkan penanganan pasien Covid-19, RSD Mangusada akan digelontor dana Rp 30 dari APBD Badung.
balitribune.co.id | Mangupura -  Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada, Badung akan digelontor dana sebesar Rp 30 miliar untuk memaksimalkan penanganan pasien Covid-19. Dana yang bersumber dari APBD Badung tersebut menurut rencana akan digunakan untuk penambahan bed termasuk memanfaatkan Gedung baru.
 
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyatakan anggaran Rp 30 miliar tersebut diambil dari dana refocusing yang dilakukan pemerintah Kabupaten Badung pada waktu lalu. 
 
“Iya, saat ini kita akan melakukan penambahan Bed Occupancy Ratio (BOR),” ujarnya ditemui di sela-sela penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara simbolis di wantilan Pura Dalem Gede, Desa Adat Dalung, Kuta Utara, Rabu (21/7).
 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk penambahan BOR ini meliputi pemasangan AC, teknikal, elektrikal, bed, ventilatornya, tabung oksigen, dan liquid oksigennya. Pihaknya berharap pasien yang akan dirawat di gedung baru nanti fasilitasnya benar-benar lengkap. Khusus bed saja akan ada penambahan lagi 100 bed. 
 
“Semua itu persiapan Badung untuk penanganan covid-19,” katanya.
 
Kemudian, disinggung mengenai liquid oksigen yang sudah menipis, Bupati asal Pelaga, Petang ini mengaku sudah berkoordinasi dengan Samator agar ada pemberian oksigen di Kabupaten Badung berdasarkan kebutuhan.
 
“Kami juga sudah mohon kepada pusat, terutama pada Samator (penyuplai oksigen –red) untuk direalisasikan. Jangan sampai ada kekurangan oksigen, karena ini untuk kesehatan manusia,” jelasnya.
 
Selain minta ke pusat, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah NTT dan NTB untuk penyediaan oksigen. Oksigen dari wilayah timus tersebut bahkan saat ini sudah dalam pengawalan untuk datang ke Bali.
 
“Di situ ada (oksigen –red) bahkan kami dibantu Polda NTB dan NTT dalam proses penjalanan. Bahkan hari ini akan sampai di Bali, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 kita di Bali, dan Bapak Kapolda Bali untuk mengawal agar oksigen itu aman sampai di Kabupaten Badung,” pungkasnya.