Diposting : 22 May 2020 17:50
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Semeton GMT saat menyerahkan bantuan paket sembako untuk warga muslim di Kampung Karangsokong, Subagan

balitribune.co.id | Amlapura - Momen perayaan Idul Fitri tahun ini bagi umat muslim di Karangasem berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana saat ini tradisi Takbir Keliling dan Shalat Ied di Masjid dan Lapangan tidak bisa dilaksanakan menyusul adanya himbauan dan edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali, agar ibadah shalat ied dan takbir dilaksanakan di dalam rumah masing-masing akibat masih berjangkitnya wabah Covid-19.

Tidak hanya itu, kesulitan ekonomi bagi warga yang terdampak makin terasa menghimpit utamanya warga kurang mampu. Sedikit berbagi saat kondisi yang sangat sulit ditengah Pandemi Covid-19, tokoh masyarakat yang juga pengusaha Karangasem, I Gusti Made Tusan bersama relawan Semeton GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu), Jumat (22/5/2020) menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga muslim disejumlah kampung muslim yang ada di Karangasem.

“Untuk hari ini kami Semeton GMT menyalurkan sebanyak 700 paket bantuan sembako untuk warga muslim di lima kampung muslim yang ada di Karangasem,” ungkap tokoh masyarakat Karangasem yang dikenal sangat dekat dengan warga muslim di Karangasem tersebut. 700 paket sembako itu diantaranya disalurkan di Kampung Segarakaton, Kampung Ujung Pesisi, Kampung Karang Sokong, Kampung Ujung Desa dan Kampung Telaga Mas.

Selanjutnya paket bantuan sembako juga akan disalurkan para relawan Semeton GMT ke sejumlah kampung muslim lainnya secara bertahap. “Biasanya kami saat Bulan Ramadhan berkumpul dengan warga muslim di Karangasem sambil berbuka puasa bersama. Namun tahun ini tradisi ini tidak bisa dilaksanakan karena wabah Covid-19. Dan semoga sedikit bantuan yang kami berikan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah bencana Wabah Corona ini,” ucapnya. Dalam kesempatan tersebut, Suami Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri ini juga mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H bagi warga muslim.

Sementara untuk bantuan paket sembako ini sendiri diserahkan langmsung oleh Koordinator Lapangan Semeton GMT, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, dan untuk di Kampung Karang Sokong, diterima langsung oleh Klian Banjar Adat Karang Sokong, H Abdulrahman, untuk selanjutnya di bagikan kepada warga kurang mampu yang membutuhkan.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada GMT atas bantuan yang diberikan kepada warga kami. Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban warga kami ditengah wabah Covid-19. Dan semoga bantuan ini bisa terus berlanjut,” pintanya.