Sering Terjadi Penipuan Wisatawan di Labuan Bajo, Ini Tanggapan Menparekraf RI | Bali Tribune
Diposting : 17 February 2022 04:52
ZAR - Bali Tribune
Bali Tribune / PENIPUAN - Selebgram Kellycourtney saat menyampaikan kasus penipuan yang dialaminya di Labuan Bajo dalam akun Instagramnya.

balitribune.co.id | Labuan BajoMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi viralnya kasus penipuan yang dialami selebgram Kellycourtneyy saat berlibur di Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Tak ingin nama pariwisata Labuan Bajo tercoreng, Sandiaga Salahuddin Uno pun langsung menugaskan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sebagai Satker Kemenparekraf untuk berkoordinasi dengan otoritas setempat di Manggarai Barat untuk menelusuri dan menindaklanjuti dugaan kasus penipuan yang dialami selebgram tersebut. Pasalnya, kejadian tersebut dapat mencoreng nama baik Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan yang ada di Indonesia.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina Selasa (15/2) langsung melakukan koordinasi dengan Bupati Manggarai Barat dan Dinas Pariwisata untuk secepatnya berkoordinasi dengan seluruh pihak berwenang yang terkait. Shana berjanji akan menelusuri dan menindak tegas pihak travel agent yang telah melakukan dugaan tindakan penipuan terhadap rombongan wisatawan Kellycourtney.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan, begitupun kerugian yang ditimbulkan atas rombongan wisatawan yang saat ini terjadi di Labuan Bajo. Kami sedang berkoordinasi dengan otoritas setempat agar kasus ini segera ditelusuri dan pelakunya harus ditindak tegas," tegas Shana.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, menegaskan segera berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di Labuan Bajo agar kasus serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

"Selama ini kita semua bekerja keras membangun trust dunia bagaimana luar biasanya pariwisata Labuan Bajo. Dan kasus serupa yang terjadi belakangan hanya merusak apa yang sudah kita bangun bersama, mencoreng nama baik pariwisata Labuan Bajo. Kita akan tindak tegas ini!," ujar Bupati Edi.

Kasus penipuan yang menimpa wisatawan saat berlibur di Labuan Bajo diketahui sudah sering terjadi. Pada 9 Januari 2022 lalu misalnya, agen penyedia jasa Cakrawala Tour melakukan penelantaran terhadap 6 wisatawan asal Bogor dengan membiarkan mereka terkatung - katung di atas sebuah kapal phinisi selama beberapa jam meski wisatawan tersebut telah melunasi biaya perjalanan wisata. Agen Cakrawala Tour pun akhirnya diblacklist oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk tidak melayani wisatawan selama setahun.

Mengantisipasi hal hal serupa kembali terjadi, Shana Fatina pun mengimbau pentingnya pengetahuan wisatawan untuk memiliki referensi daftar travel agent/tour operator resmi dalam melakukan kegiatan berwisata.

"Kami sudah mendata travel agent resmi yang bisa diakses teman-teman wisatawan. Data ini kami siapkan melalui akses registrasi online untuk mempermudah akses wisatawan terhadap travel agent resmi dan sekaligus upaya kami menghindarkan wisatawan dari hal-hal yang merugikan mereka saat berlibur ke Labuan Bajo," ujar Shana.

Maraknya kasus serupa menjadi perhatian serius dari otoritas setempat yang terus berupaya memastikan keamanan wisatawan dengan dengan terus mengimbau para calon wisatawan untuk tidak selalu tergiur dengan harga murah, tapi juga memastikan legalitas travel agent yang akan digunakan demi menjamin keamanan dan keselamatan para wisatawan itu sendiri.

"Sejauh ini kami mendata setidaknya ada 263 travel agen/tour operator resmi yang bisa dijadikan panduan rekomendasi berlibur aman bagi para wisatawan. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Labuan Bajo bisa melihat referensi dan mendaftar ke registration.labuanbajoflores.id," jelas Shana.

Dua hari ini jagat maya diramaikan dengan pemberitaan tentang kasus penipuan yang dialami selebgram Kellycourtneyy yang dalam unggahannya di media sosial Instagram mengeluhkan kasus penipuan yang dialaminya, yang dilakukan salah satu travel agent di Labuan Bajo.

Dalam unggahannya Kellycourtneyy mengaku telah membayar uang sejumlah Rp 12 juta untuk perjalanan wisata selama 3 hari 2 malam untuk 6 orang di Labuan Bajo kepada travel Agent dengan akun instagram @Komodoexperience. Namun naasnya, setibanya di Labuan Bajo, selebgram ini bersama rekan rekannya tidak dijemput oleh penyedia jasa. Selain itu didapati juga kapal yang akan digunakan untuk berwisata tidak tersedia. Dalam unggahannya juga, selebgram Kellycourtney berharap agar pemilik travel Agent segera mengembalikan uang mereka.

Hukum & Kriminal

Terpopuler