Suwirta Tidak akan Restui Istrinya Maju Cabup Pilkada Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 29 Februari 2024
Diposting : 13 June 2022 00:12
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune/ Bupati Nyoman Suwirta.

balitribune.co.id | Semarapura - Kasak kusuk di kalangan masyarakat Klungkung, utamanya kalangan bawah menginginkan figur Ni Nengah Rayu Astini untuk bisa maju sebagai bacabup Klungkung pasca lengsernya Bupati Klungkung Nyoman Suwirta yang nota bena istri dari Bupati. Malahan para tokoh tokoh gras root sudah menggadang gadang nama beliau yang santer diisukan ikut bertarung saat Pilkada 2024 mendatang.

Menanggapi keinginan kalangan warga Klungkung ini tidak direspon positif Bupati Suwirta. Dia tidak ingin ada politik dinasti pada keluarganya dan tidak mengizinkan sang istri untuk terjun ke politik. Isu Ni Nengah Rayu Astini  ikut tarung saat Pilkada Klungkung 2024 mendatang, muncul saat namanya disebut-sebut pada survei di media sosial. Wanita yang akrab disapa Nyonya Ayu Suwirta tersebut mendapat respon besar dari netizen, baik sebagai bupati atau calon bupati.

Saat diminta komentarnya terkait hal itu, Bupati Suwirta  Minggu (12/6/2022), memastikan tidak memberi restu ke sang istri untuk ikut tarung pada Pilkada Klungkung 2024. "Saya pastikan tidak lakukan itu (mengizinkan istri ikut maju ke Pilkada Klungkung). Kami keluarga besar sudah rembug juga telah sepakat untuk itu," terang Nyoman Suwirta.

Suwirta menegaskan dirinya tidak mau membangun dinasti politik dengan mengizinkan istri maju ke Pilkada Klungkung 2024. Ia juga memiliki pertimbangan, agar sang istri bisa lebih fokus mengurusi keluarganya pasca nanti dirinya tidak lagi menjabat Bupati Klungkung. "Saya tidak mau bikin dinasti politik. Saya ingin istri tidak terjun ke politik. Saya ingin istri lebih prioritaskan keluarga dulu, apalagi anak masih kecil," jelasnya.

 Jika nanti ada titah langsung dari ketua umum untuk mencalonkan Ni Nengah Rayu Astini, Nyoman Suwirta memastikan dia akan berusaha memberikan penjelasan agar partai memberikan kesempatan orang lain terlebih dahulu untuk maju sebagai calon bupati dari PDIP pada Pilkada Klungkung pada 2024 mendatang. "Nanti jikapun langsung turun nama (Ayu Suwirta) dari DPP (PDIP) untuk maju Pilkada Klungkung, saya juga akan sampaikan seperti itu," ujar Suwirta.