Tanah Longsor dan Pohon Tumbang, Tutup Akses Menuju Pura Dalem Desa Adat Tulang Nyuh | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 25 Juli 2024
Diposting : 19 October 2022 02:22
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune/ TINJAU - Bupati Suwirta tinjau lokasi pohon bunut tumbang tutup akses jalan Tulang Nyuh.

balitribune.co.id | Semarapura - Musibah tanah longsor terjadi di jalan akses menuju Setra dan Pura Dalem Geria Cucukan Desa Selat Kecamatan Klungkung pada Senin (17/10/2022), karena hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Klungkung. Akibatnya, sebuah pohon bunut besar tumbang ke arah jalan, sehingga menutup akses jalan yang juga jalan menuju Desa Adat Tulang Nyuh.

Bupati Suwirta didampingi Camat Klungkung dan Kadis PUPRPKP Klungkung, Selasa (18/10/2022), meninjau lokasi bencana pohon tumbang tersebut. Dia meminta kepada Kadis PUPRPKP Klungkung Made Jati Laksana untuk segera melakukan evakuasi pohon yang menutup jalan vital tersebut. "Kedepan Dinas PUPR supaya lebih dini mendeteksi hal hal seperti ini. Sehingga kejadian seperti ini bisa diminimalisir. Kepada BPBD saya tugaskan supaya menindaklanjuti dengan melakukan pembersihan dahan dahan pohon sehingga warga bisa melalui jalan ini. Supaya segera memperbaiki jaringan air sehingga warga bisa secepatnya mendapatkan air bersih." ujar Bupati Suwirta.

Selain meninjau tanah longsor, Bupati Suwirta juga meninjau area Pura Dalem Desa Adat Tulang Nyuh yang mengalami kemiringan akibat tanahnya amblas dan tembok penyengker retak. Bendesa Desa Adat Tulang Nyuh menceritakan awal mula kondisi tersebut terjadi sekitar tahun 2017 lalu setelah dilakukan pemotongan pohon beringin besar di belakang pura.

Pihaknya menduga, proses pelapukan akar pohon tersebut menyebabkan tanah di belakang pura menjadi amblas dan menjadi miring. "Atas kondisi tersebut saya ingatkan prajuru Desa untuk segera membuat proposal agar bisa dan diajukan kepada Pemda Klungkung," ujar Bupati mengingatkan.