Tatap Muka dengan Masyarakat Jembrana, Gubernur Koster Serahkan Bantuan Rp 43 Miliar | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 29 Februari 2024
Diposting : 15 February 2023 06:07
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / TATAP MUKA – Gubernur Bali Wayan Koster saat tatap dengan masyarakat Jembrana Selasa (14/2) menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp. 43 Miliar ke Pemerintah Kabupaten Jembrana.

balitribune.co.id | NegaraGebenur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati melaksanakan tatap muka dengan masyarakat Jembrana, Selasa (14/2) di GOR Kresna Jvara Jembrana. Gubenur Koster menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp. 43 Miliar ke Pemerintah Kabupaten Jembrana. Masyarakat meminta Gubernur Koster  melanjutkan kepemimpinan membangun Bali.

Ribuan masyarakat Jembrana yang memadati GOR Kresna Jvara Jembrana Selasa pagi mengapresiasi kerja ekstra keras Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam mengimplementasikan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Masyarakat yang hadir mengikuti tatap muka dengan Gubernur Koster tersebut memberikan applause terhadap pemaparan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru.

Banyak hal disampaikan Gubernur Koster di hadapan masyarakat terkait pembangunan Bali. Salah satunya terkait pemulihan dampak pandemi Covid-19. Ia menyebut mulai April 2022 jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali meningkat. Sampai Desember 2022 kedatangan wisatawan ke Bali 10 ribu sampai 11 ribu orang perhari. Wisatawan mancanegara mencapai 12 ribu sampai 13 ribu orang perhari. Sehingga apabila ditotal wisatawan yang datang ke Bali mencapai 23.000 sampai 25.000 orang per hari.

“Itu yang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Belum yang lewat jalur darat dari Ketapang – Gilimanuk,” ujarnya.

Pulihnya pariwisata Bali dikatakannya berdampak langsung pada pemulihan perekonomian Bali yang secara bertahap bangkit kembali. Tahun 2022, perekonomian Bali sudah tumbuh positif. Rata-rata pertumbuhan ekonomi Bali tahun 2022 sebesar 4,48%.

“Rangkaian Presidensi G-20 juga ikut memberikan kontribusi percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali,” paparnya.

Gubernur Koster didampingi Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati juga menyerahkan bantuan kepada Pemkab Jembrana. Bantuan tersebut yakni BKK Rp. 43 Miliar ke Pemkab Jembrana, bantuan 16 bidang tanah untuk penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Jembrana, bantuan sosial kepada korban bencana total Rp. 2,1 Miliar yang diantaranya dimanfaatkan untuk rehab rumah warga sebanyak 60 unit rumah senilai Rp. 1,84 Miliar, sarana prasarana perekonomian dan fasilitas umum senilai Rp. 115 Juta.

Untuk menangani kebakaran pasar di Desa Adat Lelateng juga diserahkan bantuan sebesar Rp. 145,30 Juta, BKK tambahan penghasilan Perbekel dan Perangkat Desa Rp. 2,66 Miliar, BKK Rp. 19,2 Miliar kepada 64 Desa Adat se-Kabupaten Jembrana dan BKK Rp. 2,3 Miliar kepada 230 Subak dan Subak Abian se-Kabupaten Jembrana. Gubernur Koster juga memastikan keberlanjutan proyek pembangunan Tol Jagat Kerthi Bali Gilimanuk-Mengwi sepanjang 96 dan Taman Kerthi Bali Shanti di Pekutatan.

Sementara itu Bupati Jembrana, Nengah Tamba mengapresiasi terobosan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Gubernur Koster. “Tahun pertama pemerintahan di Jembrana, kami sudah disupport anggaran Rp. 20 Miliar untuk rehab Pura Jagatnatha dan pembangunan Krematorium,” ujarnya. Tahun 2023 bantuan Gubernur Bali ke Jembrana meningkat menjadi Rp. 30 Miliar. “Direncanakan untuk merehab 7 pura, 5 jembatan terkena dampak banjir, dan membangun 1 Gedung Mall Pelayanan Publik,” paparnya.

“Kami juga tiada henti-hentinya memohon dukungan Bapak Gubernur mengingat PAD dan APBD Jembrana masih sangat kecil. Gubernur Wayan Koster adalah sosok pemimpin yang sangat wellcome dengan Jembrana dengan memiliki prinsip memajukan Krama Bali. Begitu baresnya Bapak Gubernur Wayan Koster, kira-kira apa yang kita lakukan?” tanya Bupati Tamba kepada ribuan masyarakat yang hadir dan dijawab serentak: “Lanjutkan Pak Gubernur memimpin Bali dengan program monumental!”