TAUZIA Hotels Regional Bali Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Bali dalam Penyediaan Akomodasi untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) | Bali Tribune
Diposting : 18 May 2020 19:56
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune / MELINDUNGI - Protokol kesehatan di hotel pun diperketat untuk melindungi semua pihak, termasuk karyawan hotel.

balitribune.co.id | Denpasar - Sebagai dukungan kepada pemerintah daerah Bali dalam penanganan pandemi COVID-19, beberapa hotel yang tergabung dalam jaringan TAUZIA Hotels di Bali - HARRIS Hotel & Residences Sunset Road, POP! Hotel Kuta Beach, HARRIS Hotel Denpasar, dan POP! Hotel Denpasar - membuka pintunya untuk memfasilitasi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang melakukan pengisolasian diri selama empat belas hari sebelum kembali ke rumah masing-masing.

Hal ini merupakan salah satu bentuk kerjasama hotel dan pemerintah daerah, serta dibantu oleh desa adat untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran virus di pulau Bali. Pemerintah setempat menunjuk hotel-hotel tersebut untuk akomodasi PMI karena telah memiliki protokol dan Standard Operating Procedure (SOP) kebersihan dan kesehatan yang ketat. Sejauh ini, hotel-hotel tersebut dapat menyediakan sampai dengan 580 kamar untuk rombongan PMI asal Bali serta tenaga medis yang mengawasi mereka. Kedatangan para PMI ini sudah melalui beberapa proses mulai dari screening di negara tempat mereka bekerja serta penerapan rapid test sebelum mereka dibawa ke hotel, sehingga bisa dipastikan bahwa rombongan isolasi merupakan orang-orang dengan kondisi yang sehat. Dengan mengikuti instruksi yang berlaku, masing-masing dari mereka ditempatkan di setiap kamar yang berbeda serta diawasi oleh tenaga medis yang berkompeten.

Protokol kesehatan di hotel pun diperketat untuk melindungi semua pihak, termasuk karyawan hotel. Langkah-langkah yang diterapkan termasuk pemeriksaan suhu tubuh bagi semua karyawan dan tamu yang masuk ke hotel, penyediaan hand sanitizer di setiap area hotel, serta pembersihan barang-barang, kamar, dan ruangan-ruangan menggunakan cairan desinfektan secara berkala. Karyawan hotel yang bertugas pun diwajibkan untuk menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan untuk melindungi diri. Selain itu, karyawan hotel yang bertugas untuk membersihkan kamar pun harus mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap pada saat melaksanakan tugasnya.

“Kami ingin memastikan bahwa hotel-hotel kami melakukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya, sehingga baik tamu ataupun karyawan hotel yang bertugas memiliki proteksi diri dan rasa aman,” kata Nyoman Wirayasa selaku Cluster General Manager TAUZIA Hotels Bali Region, “Kami berharap kerjasama ini juga dapat mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama dalam mengurangi penyebaran wabah COVID-19.”

Hukum & Kriminal

Terpopuler