Terminal Mengwi Akan Disulap Menjadi Pusat Seni & Memajang Beragam Kerajinan Khas Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 3 August 2020 19:18
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Mohamad Rizal Wasal

balitribune.co.id | BadungKementerian Perhubungan akan merombak total Terminal Tipe A Mengwi Badung dengan anggaran Rp 35 miliar. Hal ini untuk meningkatkan minat masyarakat Bali menggunakan sarana transportasi umum. Proses tersebut berlangsung selama dua tahun hingga 2021 dengan prioritas perbaikan fasilitas penumpang di dalam terminal. 

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Darat, Mohamad Rizal Wasal di terminal setempat, Minggu (2/8) menyampaikan modernisasi terminal dan angkutan publik merupakan terobosan baru dalam pola transportasi makro. Sehingga masyarakat tertarik menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi saat bepergian.

Menurut dia, perombakan akan diutamakan pada perbaikan pelayanan dan keindahan terminal meliputi sejumlah fasilitas di dalam terminal mulai dari lobi terminal, pintu keluar hingga ruang tunggu penumpang. Keberadaan terminal nantinya dibangun bukan saja sebagai tempat keberangkatan dan kedatangan penumpang melainkan juga akan dirancang menjadi wahana yang dapat memfasilitasi karya kreativitas anak muda di Bali.

Kedepan kata Rizal, Terminal Mengwi juga akan disulap menjadi semacam pusat seni dan oleh-oleh yang memajang beragam kerajinan khas Bali. "Melalui perubahan paradigma tersebut, masyarakat khususnya generasi muda diharapkan akan lebih tertarik menggunakan transportasi publik," katanya.

Begitupun nantinya pariwisata Bali diupayakan dapat semakin meningkat dengan dukungan fasilitas dan sarana yang bisa menarik kunjungan wisatawan melalui jalur transportasi darat. 

Pihaknya mendorong pengelola terminal bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk transportasi online untuk memudahkan masyarakat mengakses transportasi murah di era kemajuan digital saat ini.