Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian di Badung, Ketua DPRD Badung Bantu Pupuk Berkualitas untuk Petani Subak di Ayunan | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 6 September 2021 00:47
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune/ PUPUK - Ketua DPRD Badung Putu Parwata saat menyerahkan bantuan pupuk green kepada petani di Desa Ayunan secara simbolis di kediamannya di Jalan Kwanji –Dalung.
balitribune.co.id | Mangupura  - Menjadikan petani tuan di rumahnya sendiri dengan hasil produksi yang melimpah, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Sabtu (4/9/2021) menyerahkan bantuan pupuk green kepada petani di Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal. Pupuk  seberat delapan kuintal tersebut nantinya akan dibagi-bangi untuk para petani subak Ayunan.
 
Usai menyerahkan bantuan pupuk tersebut, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini mengatakan, penyerahan bantuan pupuk green ini sesuai dengan yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Badung untuk senantiasa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Badung. 
 
"Jadi secara ekonomi Badung ini harus terus bangkit, harus tumbuh. Walaupun pandemi Covid-19, kemudian pariwisata tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita akan dorong UMKM dan pertanian," ujarnya.
 
Sebagai Ketua DPRD Badung, kata Putu Parwata, pihaknya ingin mendorong perekonomian Badung tetap tumbuh sesuai perintah DPP PDI Perjuangan. 
 
"Sebagai ketua DPRD yang ditugaskan oleh PDI Perjuangan, wajib bergotong royong untuk membantu masyarakat. Karena itu, kita buat beberapa skenario untuk mendukung kemajuan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, diantaranya penyerahan sepeda motor untuk masyarakat, kemudian kami membuat Aplikasi Bago untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan di setiap desa. Begitu juga pertaniannya akan kita didorong untuk bangkit lebih baik lagi,” papar anggota Dewan tiga periode tersebut.
 
Alumni Doktor Ekonomi Pembangunan  Unud ini  juga memaparkan, pupuk green adalah pupuk yang dia buat sendiri. “Pupuk ini adalah pupuk yang bisa membantu petani memproduksi lebih banyak hasilnya. Satu hektar menghasilkan biasanya enam ton, dengan penggunaan pupuk green ini bisa menghasilkan minimal 12 ton, jadi kenaikannya hampir 100 persen," paparnya.
 
Perbekel Ayunan, Wayan Kumara didampingi Pekaseh Ayunan Ketut Parwata, Ketua Koperasi Merta Bumi Sari, Ketut Sinar Jaya serta Ketua BPD Ayunan, Ketut Gede Suwitra menyampaikan terima kasihnya atas bantuan pupuk green untuk peningkatan hasil pertanian yang diberikan Ketua DPRD Badung Putu Parwata. Bantuan Pupuk Green ini, kata Wayan Kumara, akan dipakai pada demplot pertanian padi seluas 10 hektar. 
 
"Ke depan akan dilanjutkan secara bertahap, sesuai dengan perkiraan hasil yang akan kami dapatkan dua kali lipat dari hasil pertanian sebelumnya," ujarnya.