TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, Pertahankan Semangat Kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 28 Oktober 2021
Diposting : 15 October 2021 00:36
JOK - Bali Tribune
Bali Tribune/ TUTUP - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, MSc, menutup kegiatan TMMD ke-112 TA 2021, Kamis (14/10/2021).

balitribune.co.id | Bangli - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, MSc, menutup secara resmi seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke-112 TA 2021 di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana, Kamis (14/10/2021). Dalam kegiatan yang bertemakan "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" itu Pangdam berharap kepada masyarakat dan semua pihak agar dapat mempertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Demikian harapan Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, SH, pada Upacara Penutupan TMMD ke-112 di wilayah Kodim 1626/Bangli, yang dipusatkan di Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Kamis kemarin. Selama masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pangdam mengajak seluruh elemen dan komponen masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, agar terhindar dari paparan Covid-19 dengan selalu melaksanakan disiplin protokol kesehatan dan 3 M.

Seluruh kegiatan TMMD, baik sasaran fisik dan nonfisik yang digelar serentak di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat diselesaikan dengan baik dan sukses. Selama sebulan penuh (15 September hingga 14 Oktober 2021) diselenggarakan dengan melibatkan 600 prajurit TNI-Polri, Pemda,  instansi terkait dan masyarakat yang tersebar di empat wilayah kabupaten/kota di Bali Nusra.

Sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat, sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas, namun dengan semangat, kekompakan dan disiplin serta rasa tanggung jawab dari semua pihak bersatu padu menyelesaikan program TMMD ini, sehingga semua sasaran dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

"Terima kasih kepada gubernur, para bupati/walikota atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan TMMD ke-112 ini, dan kepada pihak kementerian/LPNK yang bersinergi dengan baik dalam program TMMD tersebut, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana. Semoga apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah," harap Pangdam.

Selanjutnya, kepada masyarakat diharapkan untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD kali ini. "Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu cukup panjang. Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-rrakyat," saran Pangdam.

Selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, mewakili seluruh prajurit TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD, Pangdam juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.
 
Selanjutnya, usai meresmikan pembuatan dan pengaspalan jalan sepanjang 850 dan lebar 5 meter, yang ditandai dengan penguntingan pita, dengan didampingi Kasiter Kasrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Drs Iwan Sofwan, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, SIP, Dandim 1619/Gianyar Letkol Inf Hindra Cipta, dan Pabandya Bhakti TNI Mayor Inf I Wayan Suitantra), Danrem menyerahkan sepenuhnya seluruh hasil kegiatan TMMD tersebut kepada Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE, dan masyarakat Desa Pengotan.

Didampingi Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, SIK, MIK, Ketua DPRD Bangli diwakili anggota DPRD Bangli I Wayan Merta Suteja, SH, Perbekel Desa Pengotan dan tokoh masyarakat Desa Pengotan, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wi4a Satya, Dandim 1626/Bangli selaku Komandan Satgas TMMD dan seluruh anggota Satgas TMMD ke112.

"Kami bersyukur, seluruh kegiatan TMMD telah rampung 100 persen dan dapat berjalan sesuai rencana dan harapan dan ini termasuk TMMD yang paling dinamis. Kami siap merancang kembali kegiatan TMND 2 tahun lagi. Kami siap menggaungkan semangat dan pupuk gotong royong serta merawat juga menjaga bersama seluruh hasil TMMD kali ini. Ayo semangat, ayo jengah untuk membangun Kabupaten Bangli," ajak Bupati Bangli.

Hukum & Kriminal

Terpopuler