Tujuh Jam Kandas, Belasan Penumpang KMP Jambo VI Dievakuasi | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 25 Juni 2024
Diposting : 6 May 2019 14:46
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Tujuh Jam Kandas, Belasan Penumpang KMP Jambo VI Dievakuasi
Bali Tribune/pam. Belasan penumpang dievakusi dari KMP Jambo VI yang terseret arus dan kandas selama tujuh jam di perairan Selat Bali pada Sabtu (04/05/2019) pagi.

Balitribune.co.id | Negara - Kondisi arus yang tidak menentu di perairan Selat Bali kembali menyebabkan musibah. Salah satu kapal motor penumpang (KMP) yang melayani penyeberangan Jawa-Bali kandas hingga tujuh jam setelah terseret arus deras. Belasan penumpang yang panik karena tertahan di atas kapal dievakuasi oleh personel Pos SAR Jembrana.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Minggu (05/05/2019), musibah kapal kandas ini terjadi pada Sabtu (04/05/2019) pagi, oleh KMP Jambo VI. Saat itu, kapal ferry yang dinahkodai oleh Kapten Arif ini tengah melakukan pelayaran dari Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, di Banyuwangi, dan hendak sandar di Dermaga LCM Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.

Saat tengah mencari haluan, tiba-tiba kapal terseret arus deras puluhan meter hingga perairan dangkal sekitar 400 meter arah utara dermaga LCM Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk. Saat itu, nakhoda telah berusaha melakukan olah gerak kapal. Namun upayanya tidak berhasil. Kapal yang mengangkut empat truk besar dan dua sepeda motor itu pun kandas.

Lokasinya di sekitar bouy merah Pelabuhan Gilimanuk. Saat itu, air laut sedang surut maksimal. Penumpang yang menunggu bebeberapa jam akhirnya panik. Sekitar pukul 09.20 Wita, nakhoda memutuskan untuk menghubungi instansi terkait untuk meminta dilakukan evakuasi. Tak lama, Tim SAR Jembrana, datang dengan satu unit rigit inflatable boat (RIB).

Selain menerjunkan satu tim rescuer, untuk mengevakuasi 12 orang penumpang kapal yang masih tertahan, Tim SAR Jembrana pihaknya juga dibantu pihak Pos AL Pelabuhan Gilimanuk, Polair Polres Jembrana, ASDP Pelabuhan Gilimanuk dan KUPP Pelabuhan Gilimanuk. Proses evakusi, kata Kordinator Pos SAR Jembrana, I Komang Sudiarsa, memakan waktu 15 menit.

“Seluruh penumpang kapal kami evakuasi keruang VVIP ASDP Pelabuhan Gilimanuk,” ujar Sudiarsa. Pihaknya memastikan seluruh penumpang kapal yang dievakuasi tersebut dalam kondisi sehat. “Tidak ada yang cedera atau terluka, semuanya selamat, tidak ada korban,” paparnya. Sedangkan kapal berwarna biru ini harus bertahan menunggu air laut pasang.

Kapal baru bisa lepas kandas setelah keadaan air laut kembali pasang sekitar pukul 13.00 Wita dan harus dilakukan penarikan oleh kapal lain. “kapal itu baru bisa lepas kandas setelah air laut pasang dan ditarik oleh KMP Jambo VIII,” ujar Sudiarsa. Setelah bongkar muatan di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, KMP Jambo VI langsung kembali ke Pelabuhan Ketapang. (*)