Usai Dilantik, Pantarlih Langsung Turun Lakukan Coklit | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 20 Juli 2024
Diposting : 24 June 2024 19:18
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / COKLIT - Suasana coklit di kediaman Bupati Sang Nyoman Sedana Arta.

balitribune.co.id | BangliPetugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Bangli resmi dilantik dan pelantikan dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan pada Senin (24/6). Usai dilantik, pantarlih langsung turun lakukan coklit.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bangli, I Made Surya Darma Yuda mengatakan, pelantikan Pantarlih dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan. Namun untuk Kecamatan Susut saja pelantikannya dijadikan satu, yakni di Balai Banjar Tanggahan Peken, Desa Sulahan. 

Kata Surya Darmada Yuda, jumlah Pantarlih yang dilantik hari ini sebanyak 717 orang. Jumlah tersebut tergantung pada jumlah TPS dan jumlah pemilih di masing-masing TPS. 

"Di Bangli, dari jumlah 455 TPS, akan tetapi untuk TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 400 orang, maka terdapat dua Pantarlih. Dengan begitu, jumlah Pantarlih di Bangli jumlah lebih dari jumlah TPS. Ini disesuikan dengan jumlah pemilih dalam TPS," ujarnya.  

Setelah dilantik, para Pantarlih selanjutnya akan diberikan Bimtek dan langsung melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit), ke rumah-rumah warga atau pemilih. Pada hari yang sama juga dilaksanakan proses coklit serentak ke tokoh-tokoh masyarakat. 

Ditemui usai  coklit, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, telah dilakukan Coklit oleh petugas Pantarlih Desa Sulahan dan data sudah cocok. Selain itu dilakukan e-coklit. "Kita sebagai pemilih sekarang sudah bisa memantau dan melihat sendiri data kita yang masuk didata nasional," ujarnya. 

Ditambahkan pula, masyarakat Bangli bersama-sama mensukseskan Pilkada Bangli dengan diawali suksesnya Coklit. "Besok kawan-kawan penyelenggara melakukan Coklit ke semua komponen masyarakat termasuk disabilitas. Difabel juga menjadi konsentrasi dari penyelenggara. Kami berharap pemilih bisa aktif untuk mensukseskan Pilkada dengan meningkatkan persentasi kehadiran saat pemilihan," ujarnya.