Vaksinasi Dosis ke 3 Booster di Kabupaten Karangasem Tunggu Juknis dan Vaksin dari Provinsi | Bali Tribune
Diposting : 12 January 2022 19:23
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / VAKSINASI - Kegiatan vaksinasi yang digelar Dinas Kesahatan dan Polres Karangasem beberapa waktu lalu

balitribue.co.id | Amlapura - Hari ini Pemprov Bali melaksanakan Kick-Off vaksinasi dosis ketiga (Booster), kendati demikian untuk di masing-masing kabupaten/kota di Bali belum ada informasi resmi kapan vaksinasi dosis ketiga tersebut bakal dilaksanakan. Pun halnya di Kabupaten Karangasem, ketika ditemui awak media di kantornya, Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan jika pihaknya masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (Juklak-Juknis) termasuk kedatangan vaksin yang akan dipergunakan untuk Booster atau dosis ketiga dimaksud.

“Kami masih menunggu Juknis dan juga vaksinnya dari Pemprov Bali. Kalau sudah ada kita akan langsung bergerak cepat melaksanakan vaksinasi Booster sesuai dengan target sasaran yang telah terdata,” ujarnya.

Namun saat ini pihaknya juga masih melaksanakan vaksinasi suntikan dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun. Dimana saat ini stok vaksin yang ada tinggal 8000 dosis, dan itu hanya cukup untuk kegiatan vaksinasi dua hari sesuai dengan yang telah terjadwal. Untuk kekurangan vaksnasi dosis kedua bagi anak sekolah rentang usia 6-11 tahun, pihaknya sudah mengajukan ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Artinya kelanjutan kegiatan vaksinasi dosis kedia untuk anak 6-11 tahun itu menunggu kedatangan vaksinasi dari Provinsi.

“Menurut informasi yang kami terima, vaksin dari Provinsi akan tiba sekitar empat hari lagi. Nah karena jadwalnya sudah dibuat di masing-masing sekolah, jadi kita jadwalkan ulang lagi,” tandasnya.

Untuk vaksinasi dosis pertama anak usia 6-11 tahun, diakuinya capaiannya telah melebihi target yakni 108.60 persen. Dimana untuk anak yang tinggal di Karangasem total keseluruhan yang telah divaksin sesuai dengan data target atau sasaran sebanyak 43.092, sedangkan untuk jumlah keseluruhan baik anak yang tinggal di Karangasem maupun anak yang tinggal di Kabupaten lain namun ber KTP Karangasem yang telah divaksin berjumlah 52.021 orang.

Nah kembali ke vaksin dosis ketiga atau Booster, diakatakannya untuk di provinsi sasarannya diutamakan untuk kalangan Lansia, sedangkan untuk di Kabupaten yang capaian vaksinasinya melebihi 72 persen boleh non Lansia. “Nah kita di Karangasem sudah capaian vaksinasinasi dosis keduanya sudah melebihi 72 persen yakni 75,86 persen. Jadi untuk Booster bolen non Lansia,” jelasnya.

Lantas seperti apa dan vaksin apa yang digunakan untuk Booster? Menurutnya tergantung vaksin dosis pertama dan kedua yang disuntikkan kepada masyarakat. Kalau vaksin pertama dan kedua menggunakan vaksin Sinovac maka untuk booster menggunakan vaksin Pfizer atau Astrazeneca. Kalau vaksin pertama dan kedua menggunakan astrazeneca maka untuk Booster menggunakan vaksin Moderna.

“Untuk Booster juga ada syaratnya, yakni jaraknya minimal 6 bulan dari suntikan vaksin lengkap yakni pertama dan kedua,” tandasnya. Nah yang harus diingat tegas dia adalah target sasaran untuk penerima Booster yakni rentang usia 12 tahun keatas. Pun demikian nantinya ada urutan prioritas untuk Booster, yakni prioritas pertama Lansia yang jumlahnya 53.334 orang, prioritas kedua adalah Petugas pelayanan publik sebanyak 31.793 orang dan selanjutnya adalah masyarakat umum sebanyak 244.664 orang.

Hukum & Kriminal

Terpopuler