balitribune.co.id | Denpasar - Seiring dengan selesainya pembangunan, Senin (3/11/2025) PT Karya Bahari Abadi (KBA) selaku distributor resmi Yamaha Marine di Indonesia bersama Yamaha Motor Corporation (YMC) Jepang dan Yamaha Motor Distribution Singapore (YDS) meresmikan Flagship Showroom, Service & Training Center KBA Bali. Berlokasi di jln Bypass Ngurah Rai No 499, Pedungan Denpasar, kehadiran Flagship Showroom, Service & Training Center KBA menjadi tonggak penting dalam upaya Yamaha meningkatkan kompetensi teknisi dan memperkuat layanan purna jual di kawasan Asia Tenggara.
Puncak peresmian ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Presiden Direktur PT KBA, Gatot Admodirjo dengan General Manager Service Division Marketing Section Marine Business Operation, Yoshiyuki Shigehisa.
Presiden Direktur KBA Bapak Gatot menyampaikan, pembangunan fasilitas ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Yamaha dan KBA dalam menyediakan layanan purna jual terbaik melalui peningkatan kemampuan teknisi dan edukasi berstandar internasional. Pusat pelatihan ini pertama kali dibangun pada tahun 2019 dan telah menjalankan berbagai program pelatihan seperti Yamaha Technical Academy (YTA), Operator Training, Boat Builder Training, serta Technical School Instructor Training.
Fasilitas yang tersedia mencakup auditorium, ruang kelas, dan bengkel praktik yang dilengkapi dengan peralatan dan mesin tempel Yamaha Marine, sehingga mampu menunjang kegiatan pelatihan dengan standar global.
Dengan peningkatan status menjadi Southeast Asia Regional Training Center, fasilitas ini kini tidak hanya melayani pelatihan bagi teknisi dan staf dealer Yamaha di Indonesia, tetapi juga bagi tim distributor resmi Yamaha dari negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan standarisasi kompetensi di tingkat regional.
“Melalui pusat pelatihan ini, kami ingin memastikan setiap teknisi Yamaha di kawasan Asia Tenggara memiliki pengetahuan, keterampilan, dan semangat ‘Yamaha Kando’ yaitu memberikan kepuasan yang melampaui harapan pelanggan,” ujar Gatot dalam pidatonya.
Peresmian Yamaha Southeast Asia Regional Training Center menjadi bukti nyata dedikasi Yamaha dalam menciptakan standar pelayanan dan keahlian teknis terbaik, serta mempertegas posisi Yamaha Marine sebagai merek mesin tempel terpercaya dan terdepan di kawasan Asia Tenggara.
Yoshiyuki Shigehisa menuturkan, Indonesia menjadi pasar potensial pemasaran produk maritime di Asia Tenggara terbukti dengan penguasaan pasar yang hampir mencapai market share 80 persen.
“Pastinya kehadiran Flagship Showroom & Traning Center KBA makin memperkuat posisi market Yamaha Marine di Indonesia,” tutup Yoshiyuki.