Desak Bupati Lakukan Pengadaan Seragam Endek bagi ASN | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 07 Oktober 2024
Diposting : 6 May 2021 06:31
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Satria Yuda.
balitribune.co.id | Bangli - Ketua Komisi I DPRD Bangli, Satria Yuda mendesak eksekutif untuk melakukan pengadaan seragam endek bagi Aparatur Siipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Bangli. Pengadaan seragam endek selain sebagi bentuk penghargaan kepada ASN juga penjabaran dari Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2021 tentang penggunaan kain tenun endek Bali/kain tenun tradisional Bali.
 
Menurut Satria Yuda, hampir dua belas tahun lebih kalangan ASN tidak mendapat seragam. Dengan adanya SE Gubenur maka dipandang tepat  kalau eksekutif melakukan pengadaan kain endek bagi ASN. ”Sudah lama ASN di Bangli tidak mendapat kain untuk seragam, disatu sisi kalangan ASN berharap mendaptkan seragam kerja, oleh karena itu kami mendesak bupati memikirkan pengadaan seragam endek,” ujarnya, Rabu (5/5/2021).
 
Pengadaan seragam endek disalah satu sisi bertujuan untuk menumbuh kembangakan kembangkan kerajinan endek yang nota bene merupakan warisan leluhur. Desain sergam kain endek harus menggambarkan kearifan lokal Bangli  yakni bersentuhan dengan mascot Bangli. ”Untuk desain bisa bunga Pucuk Bang atau Pura Kehen,” ungkap anggota dewan dua kali periode ini.
 
Disinggung terkait anggaran untuk pengadaan seragam endek, memang pengadaan kain tenun endek membutuhkan anggran yang besar dengan jumlah ASN sebanya 4609 orang dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 1682 orang membutuhkan anggran yang besar. Melihat banyaknya program yang menjadi skala prioritas, seperti penanganan Covid-19 maka untuk pengadaan bisa dilakukan secara bertahap. Jika tahun ini tidak bisa untuk pengdaan maka di tahun 2022 bisa dilakukan pengadaan secara bertahap. “Bangli menuju era baru dengan program yang bersentuhan bagi ASN, sehingga penjbaran visi dan misi Bupati dapat berjalan dengan baik,” ungkap Satria Yuda.
 
Bupati Sang Nyoman Sedana mengatakan akan merencanakan untuk pengadaan kain tenun endek bagi ASN. Tentu untuk pengadaan melihat juga kondisi keuangan daerah. ”Tentu akan kami rencanakan buat pengadaan kain tenun endek bagi ASN,” ujarnya.