balitribune.co.id | Denpasar - Suzuki terus berupaya untuk menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang juga bersaing di kelasnya. Komitmen ini membuahkan hasil penjualan yang mengalami peningkatan 22 persen di Mei 2024.
Hal ini mencerminkan kepercayaan pelanggan setia terhadap produk unggulan dan layanan yang dimiliki oleh Suzuki Indonesia. Catatan cemerlang ini dibantu dengan meningkatnya pamor New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang.
Lebih spesifik, penjualan model hybrid mendominasi 35 persen total penjualan mobil penumpang Suzuki di periode sama. Kategori komersial memberikan angka positif sebesar 52 persen dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.
Menurut Dept Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko, persaingan pasar yang sehat dan kompetitif ini memacu Suzuki Indonesia untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan para pelanggan.
“Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini,” kata Randy.
“Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” tambahnya.
Dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang Suzuki dengan peningkatan sebesar 28 persen jika dibandingkan dengan penjualan pada bulan sebelumnya, dengan komposisi didominasi New XL7 Hybrid sebesar 61 persen.
Di kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share enam persen. Masih jadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan All New Ertiga.
Dari catatan penjualan ini, terlihat bahwa kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensinya dengan mendominasi sebesar 43 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan penumpang Suzuki di Indonesia.
Setelah All New Ertiga, ada Baleno yang mampu menorehkan peningkatan penjualan 57 persen dibandingkan dengan penjualan bulan sebelumnya. Baleon memimpin marketshare tertinggi yaitu 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada Mei 2024.
Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Selain kategori mobil penumpang, mobil komersial pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya melalui komposisi penjualan mobil komersial yang mendominasi pada Mei 2024. Juga peningkatan penjualan hingga 26 persen jika dibanding bulan sebelumnya.
“Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas,” kata Randy.
“Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” tutur Randy.