Karyawisata Momen Libur Sekolah Diisi dengan Menonton Tari Kecak Api | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 07 Oktober 2024
Diposting : 9 July 2024 05:49
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / pertunjukkan Tari Kecak Api di salah satu daya tarik wisata di Bali

balitribune.co.id | Badung - Liburan sekolah menjadi momen untuk berkunjung ke destinasi wisata bersama keluarga maupun karyawisata yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Seperti yang dilakukan salah satu sekolah di Pulau Jawa yang mengajak peserta didiknya karyawisata di Pulau Bali di masa libur sekolah tahun ini. 

Sejumlah tempat wisata di Bali dikunjungi pelajar dari Pulau Jawa untuk menambah wawasan mengenai seni budaya di Pulau Dewata. Rombongan karyawisata ini mendatangi destinasi wisata Pantai Pandawa yang berada di Kabupaten Badung beberapa waktu lalu. Tampaknya, Pantai Pandawa masih menjadi pilihan favorit bagi wisatawan domestik yang melakukan karyawisata. 

Hal ini terlihat dari ramainya rombongan tur pelajar luar Bali di masa libur sekolah menyaksikan pertunjukan Tari Kecak Api yang memberikan pengalaman budaya bagi wisatawan. Selain memiliki pasir putih, dipilihnya Pantai Pandawa untuk karyawisata karena ada atraksi budaya yakni Tari Kecak Api. 

Pertunjukkan seni budaya tersebut tidak hanya menghibur penonton dari kalangan pelajar, juga menambah pengetahuan mereka. Demikian disampaikan pemandu rombongan karyawisata dari salah satu sekolah di Pulau Jawa, Rofik. 

Sejumlah pelajar peserta karyawisata dari sekolah negeri yang ada di Pulau Jawa, Tasya dan Nehea mengaku senang menonton Tari Kecak Api. "Dengan menonton tarian ini, saya dan teman-teman rombongan tur menjadi tahu cerita Ramayana," katanya. 

Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa menyuguhkan pertujukan Tari Kecak Api untuk menghibur wisatawan yang biasanya tampil reguler setiap hari Jumat dan Sabtu mulai pukul 18.00 WITA, namun di masa libur sekolah hampir setiap hari dipentaskan karena banyaknya rombongan tur pelajar atau karyawisata dari luar Bali antusias memesan paket pertunjukan Kecak. Pihak penyelenggara, melibatkan para penari yang merupakan warga Desa Adat Kutuh Kabupaten Badung yang berlangsung di Panggung Terbuka Lelangon.

Tarian tersebut diakui para penonton sangat menghibur, karena selain dapat menikmati pemandangan tebing dan keindahan Pantai Pandawa, penonton juga mendapatkan pengalaman. Pertunjukkan Kecak di daya tarik wisata tersebut mampu menampung lebih 1000 penonton. Diharapkan, turut mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa.

Di masa libur sekolah jumlah kunjungan ke Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa rata-rata mencapai 7 ribu hingga 10 ribu pengunjung per hari atau meningkat dari hari biasa yang hanya mencapai sekitar 6 ribu pengunjung per hari. Saat libur sekolah, 70 persen kunjungan merupakan wisatawan domestik.