Bawaslu RI Sambangi Bawaslu Bangli | Bali Tribune
Diposting : 30 July 2024 06:19
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / KUNJUNGI - Sentra Gakumdu Bawaslu RI kunjungi Bawaslu Bangli.

balitribune.co.id | Bangli - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bangli  menerima supervisi dari tim Sentra Gakkumdu Bawaslu RI. Supervisi ini dilakukan untuk meninjau kesiapan sentra (Penegakkan Hukum Terpadu (Gakjumdu) Bawaslu Bangli dalam menghadapi pilkada serentak 2024, sekaligus melakukan assessmen terkait Gakkumdu award yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI.

Saat itu tim monev sentragakkumdu Bawaslu RI yang dipimpin Mohamad Sitoh Anang menyampaikan, untuk menegakkan hukum dalam ajang demokrasi, kinerja Bawaslu tidak bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya dukungan dari instansi lain. Perlu Kejaksaan dan Kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu. "Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan sentra Gakkumdu dalam menghadapi pilkada serentak 2024. Sehingga berbagai pelanggaran bisa dilakukan penanganan dengan maksimal," ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan assessmen terkait Gakkumdu award, yang akan digelar bulan Agustus mendatang. Penilaian meliputi soliditas, fasilitasi,  pembinaan serta inovasi dalam penanganan pelanggaran. "Ajang ini untuk memotivasi dan meningkatkan semangat Bawaslu Kabupaten/Kota khususnya di kabupaten Bangli dalam menjalankan tugas ke depannya," ungkapnya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Purna menyampaikan apresiasi atas perhatian Bawaslu RI dalam menyiapkan sentra Gakkumdu dengan langsung menyambangi kabupaten Bangli. Dengan solidnya sentra gakkumdu yang ada, seluruh proses tahapan pilkada serentak 2024 diharapkan berjalan sesuai dengan harapan bersama.

"Harapan kami dengan adanya sentra Gakkumdu berbagai permasalahan yang mungkin terjadi bisa diselesaikan dengan baik, sehingga masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan peraturan yang berlaku," sebutnya.