Pasangan Sandi Mengemuka Lagi, Koster: Tunggu Rekomendasi Tertulis | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 09 Oktober 2024
Diposting : 15 August 2024 21:53
JIN - Bali Tribune
Bali Tribune / Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, bergegas ke mobilnya usai memimpin rapat konsolidasi di Sekretariat DPC PDIP Tabanan, Kamis (15/8).

balitribune.co.id | Tabanan – Pasangan I Komang Gede Sanjaya dan I Made Dirga (Sandi) mengemuka lagi menjelang pengumuman rekomendasi calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Tabanan dari PDIP.

Bahkan, nama pasangan tersebut menjadi kasak-kusuk di sela rapat konsolidasi yang dihadiri langsung Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, di Sekretariat DPC PDIP Tabanan, Kamis (15/8).

Kendati demikian, tidak seorangpun petinggi PDIP yang dengan gamblang menyebutkan bahwa rekomendasi mengarah kepada pasangan tersebut. Termasuk Koster yang hadir langsung di rapat konsolidasi tersebut. “Rekomendasi sudah ada. Cuma belum diumumkan saja,” kata Koster seraya bergegas ke mobilnya usai memimpin rapat konsolidasi tersebut.

Bahkan saat didesak apakah rekomendasi untuk cabup-cawabup Tabanan mengarah pada pasangan Sandi, ia tidak dengan gamblang menyebutnya. “Sudah (fix). Tunggu. Oh iya, tunggu (rekomendasi) tertulisnya,” jawab Koster yang saat itu sudah masuk ke dalam mobilnya.

Mengenai rapat yang ia gelar di DPC PDIP Tabanan, Koster menyebut bahwa itu sebagai upaya konsolidasi internal menjelang Pilkada 2024. “Supaya partainya solid, mau pilkada,” ujarnya.

Sikap yang sama ditunjukkan Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan. Ia mengatakan, kehadiran Koster di DPC Tabanan dalam rangka konsolidasi internal. “Biasalah di internal. Konsolidasi internal. Beliau keliling. Bukan hanya Tabanan, nanti ke beberapa kabupaten lainnya juga seperti Jembrana dan Buleleng. Kebetulan mampir ke Tabanan sekalian sembahyang tadi,” ungkapnya.

Saat disinggung soal rekomendasi, ia mengaku belum ada rekomendasi tertulis yang diterima pihaknya. Pun demikian dengan isu yang menyebut rekomendasi mengarah kepada dirinya bersama Dirga. “Belum (pengumuman) sih. Secara tertulis belum terlihat. Saya juga belum ini, justru saya belum lihat seperti apa,” ujar Sanjaya yang saat itu juga bergegas ke mobilnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa, menyebutkan bahwa agenda rapat yang dihadiri Koster tersebut hanya untuk konsolidasi karena sebentar lagi rekomendasi akan diturunkan. “Kami wajib, selaku kader partai, siap mengamankan rekomendasi. Siapapun yang direkomendasikan oleh ketua umum,” kata Arnawa secara terpisah.

Soal pasangan Sandi yang santer muncul di sela-sela rapat konsolidasi tersebut, Arnawa tidak berkomentar. “Namanya isu, ya isu,” ujarnya secara singkat. Menurutnya, selaku Sekretaris DPC PDIP Tabanan, dirinya sama sekali belum melihat rekomendasi secara fisik. “Sehingga belum berani saya bicara,” imbuhnya.

Ia menambahkan, paling tidak rekomendasi cabup-cawabup Tabanan akan turun dalam waktu seminggu ke depan. Rekomendasi itu diperkirakan berbarengan dengan penugasan kader sebagai ketua DPRD Tabanan. “Kira-kira seminggu ke depan. Semuanya (termasuk Ketua DPRD Tabanan). Satu minggu ke depan pasti clear,” tukas Arnawa.