High Season, Arus Penyeberangan ke Gili Trawangan Meningkat 100 Persen | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 08 Oktober 2024
Diposting : 3 September 2024 09:20
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / MASUK KAPAL - Ribuan wisatawan asing di Pelabuhan Rakyat Padang Bai antre masuk ke Kapal Cepat yang akan menyeberangkan mereka ke Gili Trawangan.

balitribune.co.id | AmlapuraMemasuki musim ramai kunjungan atau High Season, kunjungan wisatawan asing ke Pulau Dewata Bali meningkat cukup signifikan. Ini juga terlihat dari arus penyeberangan wisatawan asing dari Pelabuhan Padang Bai tujuan Gili Trawangan, Lombok, yang mengalami peningkatan hingga 100 persen lebih.

Dari pantauan Bali Tribune, Senin (2/9), aktifitas penyeberangan di Pelabuhan Rakyat Padang Bai, Karangasem, terlihat sangat padat. Ribuan wisatawan asing dari berbagai negara antre untuk masuk ke kapal cepat yang akan menyeberangkan mereka ke Gili Trawangan, Lombok. Pun sebaliknya, ada ribuan wisatawan asing setiap harinya yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Rakyat Padang Bai.

Sejumlah operator dan nahkoda kapal cepat menyebutkan jika sejak Bulan Juli dan Agustus 2024 lalu, jumlah wisatawan asing yang menyeberang ke Gili Trawangan meningkat hingga 100 persen lebih. Dari sebelumnya rata-rata 1200 wisatawan asing di hari biasa, dalam dua bulan terakhir sejak masuknya musim ramai kunjungan atau High Season ini, jumlahnya meningkat mencapai 2000-2.300 wisatawan asing perhari.

Sementara untuk melayani wisatawan yang membludak tersebut, masing-masing operator kapal cepat menambah Trip dari awalnya satu Trip menjadi dua Trip penyeberangan perharinya. “Peningkatan wisatawan asing menyeberang meningkat 100 persen, ini terjadi dari Bulan Juli lalu sih pak! Ya karena sudah masuk High Season,” tegas Dio Putra Irwanda, Kapten MV Eka Jaya 23 kepada Bali Tribune.

Musim liburan atau musim ramai kunjungan ini diperkirakan akan terjadi hingga akhir September 2024 mendatang. Selain itu kegiatan pertemuan Tnternasional yang sedang berlangsung di Nusa Dua Bali yakni KTT Indonesia Afrika Forum (IAF) dan High Level Forum On Multi Stakeholder Partnership (HLF-MSP) 2024, akan bebrdampak positif bagi kunjungan wisatawan ke Bali.