Jelang Hari Raya Galungan, Bupati Gede Dana Bersama Forkopimda Sidak Sejumlah Pasar | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 20 September 2024
Diposting : 18 September 2024 18:34
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / SIDAK - Bupati Karangasem, I Gede Dana bersama Wabup Wayan Artha Dipa dan anggota Forkopimda saat melakukan sidak ke Pasar Amlapura Timur dan Pasar Karangsokong

balitribune.co.id | AmlapuraGuna mengantisipasi lonjakan harga sejumlah bahan pokok menjelang Hari Raya Galungan yang jatuh pada tanggal 25 September 2024 dan Hari Raya Kuningan tanggal 5 Oktober 2024, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karangasem yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melakukan kegiatan ke sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Karangasem.

Sidak pasar tersebut utamanya dilaksanakan di Pasar Rakyat Karangsokong, Subagan, dan di Pasar Amlapura Timur, Karangasem, Rabu (18/9) pagi. Bupati Karangasem, I Gede Dana bersama Wabup Wayan Artha Dipa, Sekda Ketut Sedana Merta dan anggota Forkopimda Karangasem turun langsung dalam sidak tersebut. Satu persatu lapak pedagang di dua pasar tersebut disambangi sembari berdialog dengan pedagang. Berbagai informasi dan masukan diperoleh Buupati dari para pedagang utamanya terkait rantai pasok barang kebutuhan pokok, utamanya beras, minyak goreng, bumbu dapur seperti cabai, bawang merah dan bawang putih.

”Hari ini kami bersama anggota Forkopimda melakukan kegiatan turun ke sejumlah pasar guna memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok penting menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, termasuk melakukan upaya mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang hari raya keagamaan saat ini,” ujar Bupati Karangasem, I Gede Dana.

Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan mengingat fluktuasi harga bahan pokok berpengaruh terhadap inflasi daerah. Sementara dari hasil pemantauan, perkembangan harga bahan pokok di pasar rakyat dalam satu pekan terakhir diketahui jika harga bahan kebutuhan pokok relatif masih stabil kecuali pada harga daging babi yang saat ini harganya sudah menembus Rp. 100.000,- per kilogram.

Harga bahan pokok lainnya seperti harga beras super Rp.16.000 perkilogram, Beras medium Rp.14.000 perkilogram, harga minyak goreng Sovia Rp. 18.000 perkilogram, Cabai rawit merah Rp. 35.000 perkilogram, Cabai Merah besar Rp. 20.000 perkilogram, Bawang Merah Rp. 20.000,- perkilogram, Bawang putih Rp 35.000 perkilogram, Gula (gulaku/sejenis) Rp. 18.000 perkilogram, Telur ayam Rp. 27.000 perkilogram serta Daging Ayam Rp. 42.000,- perkilogram.