Tips Aman Touring Berpasangan yang Menyenangkan  | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 08 Oktober 2024
Diposting : 8 October 2024 08:29
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / ILUSTRASI (ist)

balitribune.co.id | Denpasar – Menghabiskan waktu liburan dengan cara touring, dilakukan sebagian orang yang memiliki hobi yang sama. Touring bersama dengan berpasangan menggunakan sepeda motor tentu menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Tak heran jika banyak orang yang mengajak touring secara berpasangan untuk mengunjungi tempat-tempat atau destinasi wisata alam yang indah. Sepanjang perjalanan touring tentu bisa mengagumi pemandangan di sekitar.

Agar perjalanan touring menyenangkan berikut tips untuk #Cari_Aman dijalan raya saat touring berpasangan.

Sebelum Touring buatlah rencana perjalanan seperti, jam keberangkatan, jalur yang akan dilalui, titik-titik strategis yang akan dilalui dan lain-lain. Menyiapkan perlengkapan berkendara yang akan dibawa seperti Helm, jaket, sarung tangan, sepatu, jas hujan, Surat-surat bekendara dan perlengkapan lainnya. Pengecekan kendaraan agar menghindari potensi kecelakaan dari faktor kendaraan seperti, kondisi ban, bahan bakar, lampu, rem dan lain-lain. Melakukan pemanasan tubuh (5-10 menit) untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah terjadinya masalah pada tubuh saat berkendara (lelah, ngantuk, kram, dan terkilir). Leader melakukan briefing dengan grup atau pasangan terkait rute perjalanan dan kode berkendara berkelompok. 

Selanjutnya hal-hal yang wajib diperhatikan Saat Touring yaitu, mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Saling menghargai sesama pengendara lain. Mengutamakan keselamatan berkendara dengan selalu #Cari_aman. Postur berkendara yang benar selama berkendara agar tubuh tidak mudah lelah. Berkendara dengan penuh konsentrasi. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. 

Lalu Selesai Touring, hal-hal yang wajib diketahui yaitu, bersihkan perlengkapan berkendara tambahan (jas hujan (model setelan), cover sepatu / sepatu khusus hujan) selesai berkendara dan pastikan perlengkapan sudah dalam kondisi kering. Cuci sepeda motor setelah berkendara. Istirahat yang cukup dan leader memastikan anggota dalam kondisi yang sehat.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius mengatakan membayangkan touring berpasangan saja sangat menyenangkan, selain bisa menikmati perjalanan dan pemandangan sepanjang touring juga sama-sam menurunkan emosial masing-masing dan semangat kekompakan menjadi hal yang utama di mindset pengendara.

“Dengan menjunjung safety riding saat touring dijalan raya akan membuat kita lebih bijaksana dan tidak memikirkan diri sendiri. Berkendara Sebisa mungkin hindari konflik atau masalah yang bisa timbul sebelum atau saat dalam perjalanan. Hindari terpancing emosi di jalan, dan saling mengingatkan untuk menghindari potensi kecelakaan, salah satunya dengan tertib berlalu lintas dan #Cari_aman,” ungkap Yoyo.