Archipelago International Gelar Kompetisi Black Box Battle 2024 di Aston Denpasar   | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 Oktober 2024
Diposting : 24 October 2024 08:12
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / KOMPETISI - 11 Executive Chef dan 10 FB Leader berbagai brand hotel dan restaurant dibawah naungan Archipelago International di wilayah Bali, Lombok dan Banyuwangi mengikuti kegiatan bertajuk ‘Archipelago Black Box Battle 2024 di Aston Hotel & Conventional Denpasar, Rabu (23/10).

balitribune.co.id | DenpasarArchipelago International, perusahan operator hotel-restorant terbesar Se-Asia Tenggara menggelar kompetisi food battle bagi Executive Chef dan beverage battle untuk FB leader.

Sebanyak 11 Executive Chef dan 10 FB Leader berbagai brand hotel dan restaurant dibawah naungan Archipelago International di wilayah Bali, Lombok dan Banyuwangi mengikuti kegiatan bertajuk ‘Archipelago Black Box Battle 2024 di Aston Hotel & Conventional Denpasar, Jln Gatot Subroto Barat No 283 Denpasar, Rabu (23/10).

General Manager Aston Hotel & Conventional Denpasar, I Gede Ady Suardi, menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda  rutin Archipelago International  bertujuan mengasah  kreativitas dan inovasi seluruh Executive Chef dan FB Leader.Tahun ini merupakan penyelenggaran Ke -10.

Sesuai dengan namanya ‘black box’, konsep kompetisi kata Ady memakai format ‘kotak hitam’(peserta tidak mengetahui  bahan-bahan dasar makanan dan minuman yang akan digunakan. Tersembunyi dalam boks hitam). Dari bahan dasar ini, peserta kemudian dituntut menciptakan masakan ataupun minuman yang menjadi  ciri khas dalam waktu 60 menit.

Dikatakan, untuk food battle yang digunakan adalah bahan dasar lokal seperti sayur kelor, labu, paku.Begitupun juga beverage battle.Bahan yang dasar yang digunakan adalah buah-buahan yang jarang digunakan lagi seperti Sirsak dan Nangka.

“Kalau sekedar memasak dan meramu pastinya semua peserta bisa. Tapi mengolah makanan dan minuman dari bahan dasar lokal tentunya bukan hal yang gampang. Para Juri memilih pemenang berdasarkan kreativitas menciptakan hidangan makanan dan minuman berinovasi tinggi,” terang Adi Suardi.

Ady menjelaskan, dewan juri pada kompetisi ini yakni Winston Hanes selaku Vice President of Operations Archipelago,  Denny Frederick selaku Corporate Executive Chef, Denny Wasana selaku Corporate F&B Manager, dan Sari Kusumaningrum selaku Senior Director Corporate Communications and PR.

“Semua juri ini adalah orang-orang yang berkompeten dibidangnya,” tegas Adi.

Hingga selesai kompetisi, Desak Ketut Darmayanti terpilih sebagai pemenang pertama kategori food battle. Executive Chef Ex Quest San Denpasar ini mengalahkan Wayan Tika (Fave Sunset Seminyak) dan Ni Made Suarmini (Neo Denpasar) favorite winner.

Sementara pemenang kategori beverage battle, masing-masing I Gusti Agung Gede Udiana (Aston Canggu), I Made Darsana (Fave Kartika) dan I Wayan Eka Sudarta (Neo Denpasar) sebagai favorite winner.