BALI TRIBUNE - MENGULANG sukses di tahun 2017, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar ajang “Hino Dutro Safety Driving Competition 2018" (HDSRC) di 10 kota besar di Indonesia, di mana Bali menjadi pembuka kegiatan pelatihan dan kompetisi 1.000 pengemudi yang digelar selama dua hari di akhir pekan lalu.
“Kami gembira, melihat hasil Hino Dutro Safety Driving Competition di 2017 lalu, yang banyak diminati oleh para pengemudi. Menyadari animo pengemudi yang sangat besar, kami melanjutkan kembali program ini di tahun 2018. Tujuan acara ini demi mendukung keselamatan berkendara dan keamanan di jalan bagi para pengemudi, sehingga dapat membuat bisnis dari customer Hino lebih lancar” ujar Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.
Bali merupakan area yang sangat potensial bagi Hino, banyaknya proyek konstruksi seperti pembangunan infrastruktur Bandara Bali Utara, jalan tol, pembangunan jalur kereta api, kawasan industri pariwisata Buleleng Barat, dan kawasan pariwisata Nusa Penida. Membuat posisi Hino semakin kuat di Bali, di mana selama tahun 2017 tercatat Hino mampu meraih 86 persen market share di pasar medium truck, dan menjadikannya sebagai market leader di Pulau Dewata.
Tidak hanya itu, penjualan light truck Hino juga meningkat 10 persen dengan raihan penjualan 233 unit dan menguasai 21 persen market share, dibandingkan tahun 2017 (209 unit). Bahkan sebagai awal yang baik di tahun 2018 ini, pada bulan Januari, Hino Dutro mampu meraih market share sampai 30.5 persen di pasar light truck -- semua hasil yang sangat memuaskan ini ditorehkan oleh PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI) selaku diler resmi Hino untuk wilayah Bali dalam menjaga kepuasaan dan hubungan dengan customer loyal Hino di Bali.
“Kami senang dan berterima kasih kepada seluruh customer loyal Hino di sini (Bali, red), karena Hino semakin dipercaya dan selalu menjadi pilihan armada bisnis di Bali. Hasil 2017, di mana kami terus meningkatkan penjualan dan market share sampai 86 persen menjadi bukti bahwa Hino memang sudah teruji kualitas, kekuatan dan ketangguhan kendaraannya,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
Kompetisi di Bali diikuti 100 peserta yang mengikuti tes terulis mengenai kesemalatan berkendara, seperti inspeksi harian, kelayakan, keselamatan, ekonomis, dan rambu lalu lintas. Sepuluh pengemudi terbaik berhak mengikuti babak selanjutnya yang digelar di halaman parker Lotte Mart, Denpasar, yakni mengenai keterampilan mengemudi seperti zig-zag, mundur, dan parkir dengan berbagai variasi halang rintang. “Hino bukan hanya menjual kendaraan, tetapi juga ingin membekali pengendara dengan pengetahuan tentang kendaraan dan keterampilan mengemudi yang aman dan nyaman,” jelas Santiko Wardoyo.
Cahaya Wirawan Hadi, Direktur Utama PT Cahaya Surya Bali Indah, diler resmi Hino di Bali mengaku sangat optimistis pemasaran tahun ini bisa mencapai target dan mampu menjual 75 unit/bulan dari potensi pasar truk di Bali yang berkisar 150-200 unit/bulan yang diperebutkan 5 merek termasuk Hino. Hal ini diperkuat dengan hadirnya produk baru Hino New Dutro yang memiliki 16 model baru, salah satunya tipe 130 HDL yang cocok untuk keperluan bisnis pengiriman atau kargo.