Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Badung Serius Wujudkan Kebijakan Penyelenggaraan Kemudahan Berusaha

Modal
RAPAT KOORDINASI - Kadis Penanaman Modal dan PTSB Badung Agus Aryawan usai memimpin rapat koordinasi pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) di Kantor DPMPTSP Badung, Selasa, (13/3).

BALI TRIBUNE - Keseriusan Pemkab Badung dalam penyelengaraan kemudahan berusaha diwujudkan melalui pembentukan Mal Pelayanan Publik. Kebijakan ini berdasarkan keputusan Menteri PAN dan RB yang telah menunjuk Kabupaten Badung sebagai salah daerah yang ditetapkan membentuk Mal Palayanan Publik pada Tahun 2018 ini bersama dengan 11 daerah lainnya di Indonesia. Terkait kebijakan tersebut langkah-langkah persiapan terus dikoordinasikan dan dievaluasi oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Badung bersama semua OPD yang akan bergabung serta instansi vertikal, BUMN, BUMD dan Badan Layanan Publik. Saat ini Instansi yang telah menyatakan dukungannya yaitu : Kementerian Hukum dan HAM (Divisi imigrasi dan AHU) Kanwil Pajak Bali (KPP Pratama Badung Utara dan Badung Selatan), Polres Badung, BPN Badung, BRI, Bank Mandiri, BPD, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta PDAM Badung. Salah Satu instrumen kerja yang tengah disiapkan yakni Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP). Kadis Penanaman Modal dan PTSB Badung, Agus Aryawan menyampaikan bahwa diperlukan kesepakatan SOP makro yang dipakai sebagai pedoman pelayanan bersama dan penyelarasan standar pelayanan. Sedangkan SOP masing-masing instansi mengikuti SOP yang sudah berlaku pada instansi tersebut. Khusus untuk OPD Badung dalam Penyusunan SOP dapat mengacu pada Peraturan Bupati Badung Nomor 43 Tahun 2013 tentang Mekanisme Penyusunan SOP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Agus Aryawan lebih lanjut menjelaskan bahwa sesuai arahan pimpinan diharapkan semua instansi yang akan bargabung mampu merubah paradma pelayanan publik menuju pada terwujudnya kemudahan berusaha (Easy of Doing Bussines) dan Peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Untuk Itu diperlukan berbagai terobosan agar masyarakat merasakan manfaat bergabungnya semua instansi tersebut sehingga menghasilkan produk layanan administrasi dengan mudah dan cepat. Diharapkan juga dalam mewujudkan Pelayanan Publik yang berkualitas dilakukan simplikasi proses dan peryaratan perizinan sehingga image selama ini palayanan perizinan susah dan berbelit belit dapat dihilangkan. Demikian pula bagi OPD yang sudah bergabung di PTSP Badung diharapkan dapat mengintegrasikan pelayanan melalui paket Perizinan Simultan sehingga betul betul terjadi kemudahan penyelengaraan berusaha melalui mekanisne Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan. Secara bertahap DPM PTSP Badung sedang menyiapkan portal aplikasi berbasis elektronik dengan Branding BIGOSS (Badung Invesment Gateway Online Services System) dengan database yang sama sehingga diharapkan dapat dilaunching pada nanti bulan Mei 2018 bersamaan dengan launching Mal Pelayanan Publik Badung. ana* 

wartawan
I Made Darna
Category

Astra Honda Ajak Ribuan Mahasiswa Ikuti Kampanye di Jalan Fokus, Kuliah Mulus

balitribune.co.id | Jakarta - Sepanjang bulan September, sejumlah 4.894 mahasiswa dari 29 perguruan tinggi yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti kegiatan kampanye keselamatan berkendara yang interaktif melalui tema “Di Jalan Fokus, Kuliah Mulus".

Baca Selengkapnya icon click

Dibangun SPAM, Pancuran Telaga Mas Bitera tak Ngucur

balitribune.co.id | Gianyar - Sumber air yang melimpah dan disucikan serta digunakan sehari-hari oleh warga Kelurahan Bitera, dimodernisasi dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Namun sayang, proyek senilai Rp97,3 juta dari APBD Gianyar 2025 ini justru tidak sesuai harapan. Ironisnya, warga kesulitan memanfaatkan air tersebut, karena air di pancuran  baru tidak mengucur.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Semester I 2025, Gianyar Tambah 136 Kasus Baru HIV

balitribune.co.id | Gianyar - Meski tidak se-phobia stigma lama, kasus positif HIV  nyatanya terus membengkak. Di Gianyar, dalam enam bulan pertama di tahun 2025 malah bertambah signifikan yakni mencapai 136 kasus baru. Angka ini pun hanya didapat lantaran hasil test HIV yang terdata di Dinas Kesehatan Gianyar.

Baca Selengkapnya icon click

21 Hari PascaBanjir Bandang, 25 Rumah di Tengading Masih Terendam Banjir

balitribune.co.id | Amlapura - Memasuki hari ke 21 pasca banjir bandang di Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem pada 10 dan 12 September 2025, saat ini sebanyak 25 rumah warga di wilayah Banjar Dinas Tengading masih terendam banjir. Kendati demikian, genangan banjir sudah berangsur surut dari sebelumnya setinggi lutut hingga dada orang dewasa, saat ini genangan banjir sudah setinggi 40 hingga 70 Centimeter. 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Polisi Berpangkat Aiptu Jambret Pedagang di Pancasari

balitribune.co.id | Tabanan - Seorang polisi berinisial IWS (51), nekat menjambret perhiasan pedagang di Banjar Giri Loka, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Selasa (30/9/2025). Aksi IWS yang dilakukan di siang hari itu, bahkan disertai dengan kekerasan terhadap korbannya bernama Kadek Suartini (50). 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.