Kadek Alvino Juara Nyurat Aksara Bali Se- Bangli | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 7 February 2024 10:34
YAN - Bali Tribune
Bali Tribune / LOMBA - Nyurat Aksara Bali Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 yang dilaksanakan di Balai Banjar Kawan, Bangli, Selasa (6/2). 

balitribune.co.id | BangliI Kadek Alvino Diatmika berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba Nyurat Aksara Bali dalam rangka pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 Kabupaten Bangli, yang digelar di Balai Banjar Kawan, Bangli, Selasa (6/2). Siswa kelas VI SDN 2 Kintamani ini berhasil menjadi juara satu setelah bersaing dengan 60 peserta siswa SD Se-Kabupaten Bangli. 

lihat foto: I Kadek Alvino Diatmika (dua dari kiri) bersama dewan juri serta Kepala Bidang Adat dan Tradisi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, Ni Made Martiniasih Damayanti.

Ditemui usai pelaksanaan lomba, siswa yang akrab disapa Vino ini mengaku bahagia dan bangga telah berhasil menjadi juara 1 dan berhak mewakili Kabupaten Bangli dalam pelaksanaan Lomba Nyurat Aksara Bali Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 tingkat Provinsi Bali yang akan di gelar di Taman Budaya (Art Center) Denpasar. 

Vino mengaku sejatinya tidak menyangka akan meraih juara 1, mengingat peserta lainnya tentu juga memiliki kemampuan yang baik dalam nyurat aksara Bali. "Tiang (saya,-red)  mulai tekun belajar nyurat Aksara Bali sejak kelas lima. Mulai suka sebenarnya dari kelas tiga, tapi tekun latihan nyurat aksara Bali dari kelas lima," ujarnya.

Vino mengaku, sebelum ikut lomba, ia rutin melaksanakan latihan menulis aksara Bali, baik di sekolah maupun di rumah. "Kalau di sekolah tiang dibina sama Penyuluh Bahasa Bali. Selain di sekolah juga rutin latihan menulis di rumah," ujarnya. 

Meskipun telah meraih juara 1 se-kabupaten Bangli, Vino mengaku tidak berpuas diri. Ia pun mengaku akan melakukan latihan lebih giat lagi agar mampu bersaing dalam lomba nyurat Aksara Bali di tingkat Provinsi Bali mewakili Kabupaten Bangli. "Tiang suka nyurat aksara Bali karena unik. Punya tingkat kesulitan tersendiri. Untuk persiapan lomba tingkat provinsi, tentu saya akan latihan lebih giat lagi," ujarnya. 

Kepala Bidang Adat dan Tradisi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, Ni Made Martiniasih Damayanti, mengatakan, lomba nyurat aksara Bali dalam rangka Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 di Kabupaten Bangli ini diikuti kurang lebih 60 peserta siswa, perwakilan SD yang ada di empat kecamatan di Kabupaten Bangli. 

Menurutnya peserta lomba nyurat aksara Bali dalam rangka Bulan Bahasa Bali tahun 2024 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. "Jumlah peserta yang ikut lomba nyurat aksara Bali tingkat SD ini meningkat. Ini membuktikan siswa sangat antusias untuk ikut melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali," ujarnya.

Dikatakan, peserta yang mendapatkan juara 1 pada lomba nyurat aksara Bali tingkat Kabupaten Bangli berhak mewakili Kabupaten Bangli untuk mengikuti lomba nyurat Aksara Bali tingkat Provinsi Bali. "Yang terbaik akan mewakili Bangli di tingkat Provinsi,"ujarnya.

Martiniasih mengatakan, selain Lomba Nyurat Aksara Bali, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali VI tahun 2024  di Kabupaten Bangli juga diisi dengan berbagai lomba lainnya yakni Lomba Masatua Bali yang diikuti Paiketan Krama Istri, Lomba Ngwacen Lontar yang diikuti Yowana dengan usia 19-23 Tahun, Lomba Dharma Wiwada yang diikuti siswa SMA/SMK, Lomba Nyurat Lontar yang diikuti siswa/siswi SMP. 

Pihaknya berharap dengan pelaksanaan lomba-lomba ini dapat memantik semangat para generasi muda untuk ikut melestarikan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai salah satu warisan Kebudayaan Bali. Selain itu dengan lomba ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi dan apresiasi terhadap generasi muda yang telah tekun melatih diri dan melestarikan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. "Kami berharap dengan adanya pelaksanaan lomba Bulan Bahasa Bali ini semakin membumikan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali," pungkasnya.