Kolaborasi Lanal Denpasar, IARMI, Menwa, dan SDC Bali, Bentangkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 30 October 2020 10:41
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ BENDERA – Tim Lanal Denpasar membentang bendera Merah-Putih di dasar laut dekat Pantai Tulamben, Karangasem, Rabu (28/10/2020).
Balitribune.co.id | Amlapura - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang bertema "Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami", sejumlah personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar berkolaborasi dan bersinergi dengan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI), Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) Ugracena Bali, dan Scuba Diving Club (SDC) Bali membentangkan bendera Merah Putih di dasar laut dekat Pantai Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.
 
Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara SE menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, Indonesia adalah negara maritim, dimana 2/3 wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah laut.
 
Pada kesempatan ini, puluhan personel yang ditunjuk tampak kompak dan bersatu padu dalam upacara pembentangan bendera Merah Putih di dasar laut. Bahkan, sebelum melaksanakan kegiatan tersebut pada hari H pada jam J, para petugas rajin dan rutin berlatih supaya pelaksanaan kegiatan ini bisa berjalan maksimal, lancar, dan aman.
 
Para pendahulu kata Danlanal, sudah memperjuangkan Indonesia sampai merdeka, maka sebagai generasi penerus bangsa harus mampu untuk melanjutkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan demi kemajuan NKRI. Di tengah masa pandemi Covid-19 pun hendaknya harus mampu melewati segala rintangan yang ada dengan tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan guna untuk memutus mata rantai Covid-19.
 
"Hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE MM, yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional. Serta tangguh menghadapi segala ancaman dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara," tegas Kolonel Ketut Budiantara.
 
Kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2020 diikuti oleh tim SDC yang terdiri dari 4 personel Lanal Denpasar, IARMI Bali (5), Menwa Ugracena Bali (5), Brimob Polda Bali (4), Polairud Polda Bali (5), POSSI Bali (5), Kwarda Pramuka Bali (4), pihak panitia (15), dan guide OPST (5). Mereka membentangkan bendera Merah Putih berukuran (2,5 x 1,5) meter di kedalaman 15 meter dari permukaan air laut selama 30 menit.
 
Sekretaris Umum IARMI Bali Petrus menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini untuk membangun semangat patriotisme dan mengobarkan jiwa nasionalisme. "Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman," katanya.
 
Dalam kegiatan yang diselingi dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda itu, turut hadir Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) I Gde Padang Suryawan SE, beserta Perwira Staf Lanal Denpasar, Ketua POSSI Bali Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya SH MH, Kasatpolair Polres Karangasem, Wadanki 1 Yon A Pelopor Satbrimob Polda Bali, serta sejumlah tamu undangan lainnya.