Kualitas LKPD Terjaga, Pemkab Bangli Terima Penghargaan Opini WTP 6 Tahun Berturut-Turut | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Februari 2023
Diposting : 28 November 2022 19:15
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / PENGHARGAAN - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menerima piagam penghargaan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho bertempat di Pendopo rumah jabatan Bupati Bangli, pada Senin (28/11)
balitribune.co.id | BangliKanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho menyerahkan piagam dan plakat penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bangli. Piagam penghargaan  dari  Pemerintah Republik Indonesia Atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 Pemkab Bangli diterima oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bertempat di Pendopo rumah jabatan Bupati Bangli, pada Senin (28/11).
 
Acara tersebut juga dihadiri Kepala Bidang PAPK, Anggun Prihatmono, Kepala KPPN Amlapura, Bagus Eddy, Kepala BKPAD Kabupaten Bangli, I Dewa Bagus Riana Putra, Inspektur Bangli Jero Penyarikan Widarta, serta Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Kadek Budiartawan.
 
Kementerian Keuangan memberikan apresiasi atas terjaganya kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021. Apresiasi diberikan dalam bentuk plakat dan penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Salah satu penerima Pemkab Bangli.
 
Terjaganya kualitas laporan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai bukti komitmen para Kepala Daerah dan seluruh pengelola keuangan daerah, dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik. Hal ini berlangsung dalam kondisi tekanan Pandemi Covid-19 di sepanjang tahun 2021. 
 
Pemerintah Kabupaten Bangli telah mendapat opini WTP enam tahun berturut turut sejak 2016 hingga tahun 2021. Prestasi ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah memiliki komitmen untuk terus memperbaiki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi tanggungjawabnya. Hal ini menunjukkan adanya proses akuntabilitas transaksi keuangan kepada masyarakat, sehingga bisa memunculkan kepercayaan kepada institusi publik terutama Pemerintah Daerah. 
 
Perkembangan pelaksanaan APBN tahun 2022 di Kabupaten Bangli per 31 Oktober 2022 untuk Realisasi belanja negara atas Belanja Pemerintah Pusat mencapai Rp 121,86 miliar merupakan 80,32 persen dari pagu 151,71 Miliar. Realisasi Dana Transfer ke Daerah Kabupaten Bangli sebesar Rp 731,64 miliar (88,14 persen) dari total pagu sebesar Rp 830,07 miliar. Dana transfer meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak, DBH Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Non Fisik, Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Desa. Capaian Dana Transfer ke Daerah ada yang sampai dengan 23 November 2022, yakni realisasi Penyaluran DAK Fisik Kabupaten Bangli sebesar Rp 98,69 miliar (88,56 persen) dari total pagu sebesar Rp 111,44 milyar. 
 
Penyaluran DAK Fisik dilaksanakan berdasarkan nilai kontrak kegiatan, sehingga realisasi penyaluran 98,69 miliar tercapai sebesar Rp 93,19 miliar. Realisasi DAK Non Fisik (Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan BOP Kesetaraan) Kabupaten Bangli sampai dengan 23 November 2022 sebesar Rp 38,58 miliar (96,58 persen) dari total pagu sebesar 39,95 miliar. Penyaluran Dana Desa untuk Kabupaten Bangli sebesar Rp 55,56 miliar merupakan 100 persen dari pagu. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) se-Bali, berjalan dengan baik. 
 
Sampai dengan 31 Oktober 2022 kinerja penyaluran KUR sebesar Rp 8,1 triliun dan 140.020 debitur. Penyaluran KUR masih didominasi oleh KUR skema Mikro yang mencapai Rp 4,72 triliun. Di wilayah Pemda Bangli terdapat penyaluran senilai Rp 580,18 miliar untuk 11,726 debitur. 
 
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia atas penghargaan yang telah diberikan kepada Pemkab Bangli. Menurutnya, capaian ini adalah hasil kerja keras dan semangat dari semua OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli. 
 
Bupati Sedana Arta juga menyampaikan, saat ini Pemerintah Kabupaten telah melaksanakan berbagai lompatan, khususnya dalam bidang pembangunan seperti pembangunan alun-alun Bangli, Gedung RSUD Bangli, Gedung BMB, pembangunan kantor DPRD Bangli, serta beberapa pembangunan infrastruktur lainnya yang sudah tentu pembangunan tersebut adalah demi kepentingan masyarakat Bangli secara umum.
 
"Kami berharap, kepada Pemerintah Pusat agar selalu membina dan bersinergi serta membantu  keberhasilan  pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangli, demi terwujudnya Visi Pemerintah Kabupaten Bangli Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli," jelasnya. 
 
Sementara itu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho memberikan apresiasi atas kerja keras dan koordinasi yang baik dari Pemda Bangli. 
 
"Keberhasilan penyaluran perlu dibarengi dengan percepatan penyerapan, sehingga program pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat dapat segera tercapai," ungkapnya.
 
Disampaikan pula, dengan hal ini masyarakat Bangli dapat segera menikmati manfaatnya. Seiring dengan pemulihan ekonomi dan kembali bergeraknya kegiatan pariwisata, diharapkan akan mempercepat peningkatan perekonomian Bali.