Manfaat Teknologi AI pada Industri Kecantikan di Masa Kini | Bali Tribune
Diposting : 23 July 2024 17:49
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / ILUSTRASI (ist)

balitribune.co.id | DenpasarTeknologi kecerdasan buatan atau AI telah membawa pertumbuhan yang signifikan di industri kecantikan, terutama ketika pandemi berlangsung di seluruh negara. Penerapan teknologi AI dan AR (augmented reality) ini menjadi kunci yang memperkaya pengalaman belanja konsumen secara online, sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand kecantikan.  

Data dari The Bussiness Research Company, pasar AI global dalam bidang kecantikan dan kosmetik sendiri diproyeksikan mencapai US$3,97 miliar pada tahun ini, dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi yaitu sebesar 19,5 persen sampai tahun 2028. Hal ini menunjukkan, di masa depan minat untuk menerapkan teknologi AI di industri kecantikan masih sangat besar. Selain itu, potensi pengembangan teknologi AI juga masih terbuka sangat luas untuk memenuhi kebutuhan industri ini. Tentunya hal ini berkaitan dengan manfaat yang bisa diberikan oleh teknologi AI pada industri kecantikan itu sendiri.

Penyedia solusi teknologi kecantikan dan fesyen dengan AI dan AR, Alice Chang menjelaskan manfaat teknologi AI di industri kecantikan yakni memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi. "Konsumen masa kini memiliki ekspektasi personalisasi yang lebih baik dengan adanya kemajuan teknologi sebesar 73 persen berdasarkan data dari State of the Connected Customer," jelasnya dalam siaran persnya, Senin (22/7).

Manfaat lainnya adalah memberikan perjalanan belanja yang lebih memuaskan kepada konsumen. Dengan terkumpulnya data yang menunjukkan kebiasaan konsumen, teknologi AI dapat membantu memilihkan produk atau layanan lainnya sesuai untuk konsumen secara akurat, yang berujung pada penjualan. 

Disamping itu juga mengembangkan strategi bisnis lebih efektif dan efisien. "Bagi brand dan penyedia layanan kecantikan, penerapan teknologi AI dapat memberi solusi-solusi inovatif dan membuka kesempatan untuk melakukan berbagai pengembangan. Ini berlaku secara menyeluruh, mulai dari produk, penjualan, promosi, sampai operasional," imbuhnya. 

Lebih lanjut ia menyatakan, sebagai pengembang Beautiful AI terus menganalisa kebutuhan pasar dengan menyediakan inovasi untuk mempermudah brand untuk memberikan layanan dan rekomendasi produk kepada konsumennya. Karena saat ini, Teknologi AI memiliki peran penting dalam mengubah pengalaman berbelanja.

"Teknologi AI memiliki peran penting, terutama dalam menawarkan solusi yang dipersonalisasi untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang, dan mendorong kesuksesan bisnis. Menerapkan teknologi AI sangat penting bagi brand untuk tetap kompetitif dalam lanskap yang semakin digital, dimana pendekatan yang dipersonalisasi dan berbasis data menentukan masa depan ritel," tutupnya.