Melepas Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai, Suiasa Ajak Generasi Muda Meneladani Perjuangan Para Pahlawan | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 19 November 2018 23:12
I Made Darna - Bali Tribune
Wabup Suiasa saat menghadiri apel serah terima Panji-panji dan surat Sakti I Gusti Ngurah Rai di Lapangan Puspem Badung, Minggu (18/11).
BALI TRIBUNE - Apel serah terima panji-panji dan surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan di Lapangan Puspem Badung, Minggu (18/11) kemarin. 
 
Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Wakil Ketua I  DPRD Badung I Made Sunarta Wakil Ketua II DPRD Badung I Nyoman Karyana, seluruh Kepala OPD  Pemkab Badung, para veteran Laskar Ciung Wanara  dan siswa-siswi se Badung.
 
Wabup Suiasa ditemui usai melepas rombongan pembawa panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai mengatakan, banyak yang diteladani dari semangat dan pengorbanan perjuangan I Gusti Ngurah Rai beserta Lascar Ciung Wanara didalam menjaga martabat dan harga diri untuk merebut kemerdekaan RI di Bali. 
 
Hal ini akan selalu menjadi penyemangat bagi kaum milenial dan anak bangsa yang merupakan penerus bangsa untuk tetap semangat dalam meraih cita-cita untuk pembangunan bangsa dan negara kedepan. 
 
“Tentu bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa para pahlawannya, karena itu sebagai generasi penerus Bangsa, pemuda di Kabupaten Badung harus menghargai jasa dan dapat mentauladani tokoh nasional dan kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai” harap Wabup Suiasa.
 
Panji-panji kebesaran dari pahlawan I Gusti Ngurah Rai merupakan ujung tombak dalam meraih kemerdekaan RI dimana sampai saat ini selalu menggelora dan membakar semangat untuk kamajuan Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Dan hari ini panji-panji dan surat sakti tersebut terpatri terus bergelora dan memacu semangat kaum muda kita. 
 
“Kami mengharapkan semangat juang I Gusti Ngurah Rai bisa terus menyala dan bergelora pada generasi muda saat ini sehingga lahir pahlawan-pahlawan pada jamannya. Generasi muda kita harus tahu sejarah, karena keberadaan kita saat ini tidak terlepas dari sejarah dan orang-orang yang terlibat didalamnya, salah satunya adalah putra terbaik yang hari ini kita lakukan upacara serah terima patakanya yaitu I Gusti Ngurah Rai,” jelasnya.
 
Setelah dilaksanakan apel serah terima, Panji-panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dilepas oleh Wabup Suiasa Panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai diarak menuju monumen Desa Carangsari, Kecamatan Petang melalui Kelurahan Sempidi Desa Penarungan, Kec. Abiansemal, Blahkiuh, Sangeh menuju desa Carangsari.
 
Panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai  akan disemayamkan semalam untuk dilaksanakan prosesi upacara penghormatan dan persembahyangan bersama. Esok harinya Panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai tersebut kembali  diarak menempuh perjalanan menuju Taman Pahlawan Margarana, Desa Marga, Tabanan untuk dilaksanakan upacara penghormatan.