Panduan Perdagangan Elektronik Membantu UKM Mengembangkan Bisnis di Pasar Internasional | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 01 Agustus 2024
Diposting : 11 July 2024 18:27
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / LANSKAP ELEKTRONIK - Para pedagang perlu memahami lanskap digital yang unik, selera konsumen, dan kebutuhan logistik di setiap pasar agar dapat memastikan keberlanjutan bisnis dengan baik. Perusahaan transportasi logistik ekspres ini memiliki pemahaman mendalam atas ekosistem perdagangan elektronik di Tiongkok dan Jepang.

balitribune.co.id | DenpasarSalah satu perusahaan transportasi logistik ekspres terbesar di dunia, merilis dua buku panduan perdagangan elektronik untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) mengembangkan bisnisnya di pasar internasional, khususnya agar dapat berinteraksi lebih baik dengan konsumen di Tiongkok dan Jepang. Sebagai pasar terbesar di kawasan Asia Pasifik, Tiongkok dan Jepang memiliki aktivitas perdagangan elektronik lintas negara yang tinggi, membuka peluang bisnis yang luas bagi UKM lokal di Indonesia. 

Namun, para pedagang perlu memahami lanskap digital yang unik, selera konsumen, dan kebutuhan logistik di setiap pasar agar dapat memastikan keberlanjutan bisnis dengan baik. Perusahaan transportasi logistik ekspres ini memiliki pemahaman mendalam atas ekosistem perdagangan elektronik di Tiongkok dan Jepang. Keunggulan tersebut kemudian dituangkan dalam buku panduan.

President Asia Pacific perusahaan transportasi logistik ekspres, Kawal Preet menyatakan, memperluas jaringan bisnis dengan merambah pasar internasional merupakan strategi efektif yang dapat dilakukan UKM untuk mendorong pertumbuhan konsumen dan pendapatan. "Keberadaan saluran digital memang membuka peluang UKM untuk memasuki pasar yang lebih luas, tetapi kesuksesan bisnis ditentukan oleh wawasan mendalam tentang lanskap pasar lokal. Hal ini penting dalam sektor e-commerce (perdagangan elektronik) yang bergerak cepat," jelasnya dalam siaran persnya, Rabu (10/7).

Kata dia, Tiongkok dan Jepang merupakan pasar strategis yang penting di kawasan Asia Pasifik. "Selama puluhan tahun, kami memahami pengetahuan dan wawasan lokal berdasarkan operasi dan pengalaman di industri e-commerce. Kami juga telah terintegrasi dalam berbagai proses, serta menyediakan platform untuk memberikan pengalaman mudah bagi pedagang maupun konsumen. Hal ini memberikan kami sudut pandang unik dan akses terhadap wawasan lokal terbaru untuk membantu pelaku e-commerce beroperasi secara lebih efektif," paparnya.

Selain buku panduan, perusahaan transportasi logistik ekspres ini juga menyediakan solusi e-commerce menyeluruh yang memungkinkan para pedagang memenuhi pesanan konsumen secara efisien. Selain berintegrasi dengan platform e-commerce tepercaya juga telah meluncurkan platform Ship Manager untuk membuat operasi e-commerce lebih efisien dengan memungkinkan pedagang membuat pengiriman dan dokumen langsung secara online. 

Selain itu, juga memiliki jaringan 260.000 loker pintar yang tersebar di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk memberikan kenyamanan dan pilihan bagi konsumen. Pengguna juga dapat bertanya dan memeriksa status pengiriman barang secara langsung melalui aplikasi pesan WeChat di Tiongkok, atau WhatsApp di negara lainnya. Pelanggan juga dapat mengubah lokasi pengiriman meskipun pengiriman sedang dalam perjalanan. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, buku panduan tersebut membahas beberapa hal diantaranya. Lanskap geografis konsumen Tiongkok dan Jepang untuk membantu pelaku perdagangan elektronik menentukan target bisnis serta menentukan pasar dengan pembeli potensial paling banyak. 

Kategori produk e-commerce yang paling dicari pembeli untuk membantu UKM memetakan lanskap persaingan bisnis dan sektor yang kurang terlayani. Profil pasar dan platform e-commerce lokal potensial yang dapat digunakan pedagang UKM untuk mendapatkan interaksi terbanyak.

Kebiasaan dan preferensi konsumen untuk memudahkan UKM dalam menentukan strategi pemasaran seperti live streaming, pemanfaatan video pendek, hingga social commerce. Musim belanja populer seperti Hari Valentine, Hari Jomblo, dan Hari Pasangan di China, Liburan Tahun Baru Oshougatsu, serta Golden Week di Jepang.

Opsi dan preferensi pembayaran dan pengiriman.