Pengabdian Kepada Masyarakat IbPE Universitas Dhyana Pura Di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar | Bali Tribune
Diposting : 23 August 2017 21:01
redaksi - Bali Tribune
Universitas Dhyana Pura
Kegiatan IbPE Universitas Dhyana Pura di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, belum lama ini.

BALI TRIBUNE - Kementrian Riset dan Teknologi (KEMENRISTEK) melalui Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) Bali setiap tahun selalu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2017 ini, salah satu kegiatan tersebut berada dalam skema Ipteks Bagi Produk Eksport (IbPE) dengan pelaksann tahun pertama dari rencana Tiga tahun sampai tahun 2019.

 Tujuan Kegiatan ini selain menjalankan kewajiban Tri Darma Perguruan Tingggi yaitu pengabdian kepada masyarakat juga melakukan kegiatan nyata dengan melakukan pendampingan UKM kerajinan kayu yang ada di wilayah Desa Petulu,Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Usaha kecil dan menengah (UKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis.

Pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian terbesar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan.

Salah satu jenis UKM yang paling banyak di wilayah bali karena faktor wisatawan asing yang datang ke bali adalah UKM yang bergerak di bidang produksi kerajinan kayu. Dalam kegiatan IbPE ini yang didampingi adalah Tiga UKM yaitu UKM Milik Bapak I Made Gemuh, I Kadek Wartana, Ibu Ni Kadek Nita.

Seiring dengan pengkembangan waktu, banyak permasalahan yang dihadapi UKM yanga ada di Bali, yang memerlukan solusi atau pendampingan usaha.

Kegiatan IbPE di tahun ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Introduksi dan pendampingan dalam pemanfaatan dan penerapan IT /teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan oleh UKM sebagai mitra. Penerapan aplikasi teknologi yang digunakan adalah teknologi E-Commerce dengan menggunakan media internet yang merupakan aplikasi jual beli online berbasis website didampingi salah satu dosen Program Studi (Ps) Teknik Informatika Universitas Dhyana Pura yaitu Made Agung Raharja.,S.Si.,M.Cs.

Kegitan yang kedua adalah Pelatihan dan pendampingan Manajemen usaha UKM dalam hal pengelolaan Usaha UKM dan keuangan serta aset UKM dengan mengunakan aplikasi komputer, yang diberikan oleh ibu Ni Putu Dyah Krismawintari, S.E.,M.M yang merupakan staf pengajar Ps. Manajemen. Kemudian pemberian bantuan alat/mesin produksi untuk peningkatan kuantitas dan kualitas produk.

Serta kegiatan Pendampingan kemampuan bahasa asing khususnya bahasa inggris untuk menunjang kegiatan ekspor yang di dampingi oleh ibu Putu Chrisma Dewi,S.S.,M.Hum yang merupakan dosen Ps. Bahasa Inggris UNDHIRA. Diharapkan dengan kegiatan pengabdian IbPE ini, dapat mendorong produktifitas penjualan dalam negri maupun ekspor kerajinan kayu khas bali melalui UKM kerajinan kayu yang ada di Kecamatan Ubud supaya berkelanjutan dan dapat bersaing di perdangangan internasional.

Hukum & Kriminal

Terpopuler