Pesisir Pantai Kusamba Manis Galungan Dipadati Warga | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 1 March 2024 14:18
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune/ PADAT PENGUNJUNG - Manis Galungan Pantai Kusamba dipadati pengunjung.

Balitribune.co.id | Semarapura - Pesisir Pantai Kampung Kusamba menjadi destiansi yang ramai dikunjungi warga saat Hari Umanis Galungan, Kamis (29/2/2024). Hanya saja, pantai berpasir hitam itu tampak kumuh karena berserakannya sampah plastik.

Panasnya terik matahari tidak menghalangi niat Putu Kurnia Nanda (20) dan teman-temannya untuk berkunjung ke pesisir Pantai Kampung Kusamba. Setiap perayaan Hari Raya Galungan, pesisir Kampung Kusamba memang menjadi pasar dadakan. "Setiap hari Umanis Galungan saya biasa ke sini (Pantai Kampung Kusamba) sama temen-temen. Sambil belanja-belanja makanan," ungkap Kurnia Nanda.

Selama perayaan Hari Raya Galungan, pedagang kuliner, mainan, hingga pakaian menjamur di Pantai Kampung Kusamba. Hal ini membuat pantai berpasir hitam tersebut menjadi tempat rekreasi yang ramai diserbu warga. Hanya saja hal tersebut membuat pesisir Pantai Kampung Kusamba dikotori sampah plastik, Kamis (29/2/2024). Sampah plastik tampak berserakan, terutama di sisi timur pelabuhan.

Sampah tersebut bukan sampah kiriman, justru sampah pengunjung seperti bekas wadah makanan, botol plastik, gelas plastik, pipet, hingga kantong plastik. "Pengunjung habis makan minum, sampahnya ditinggalkan begitu saja di pantai," ungkap seorang pedagang, Yuni.

Keberadaan sampah plastik yang berserakan di pesisir itu, membuat pantai berpasir hitam tersebut justru tampak kumuh. Selain itu sampah plastik yang berserakan itu, bisa saja berdampak pada eskosistem laut. Mengingat sampah plastik di pesisir, bisa terseret ombak sampai ke laut. Namun menurut Yuni nanti usai jualan para pedagang sudah berkomitmen untuk membersihkan sampah yang bertebaran selanjang pantai.