Roy Emerson Hidiya, Atlet Tenis Lapangan dengan Segudang Prestasi | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 2 April 2024 02:54
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune / Roy Emerson Hidiya

balitribune.co.id | Mangupura - Bagi pencinta olahraga tenis lapangan di Bali, siapa yang tidak kenal dengan Roy Emerson Hidiya. Di tengah kesibukannya sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Badung, tidak menjadi penghalang bagi dirinya untuk meraih prestasi. Pria kelahiran Gorontalo, 56 tahun lalu ini merupakan atlet tenis lapangan dengan segudang preatasi.

Pria yang menjabat Analis Kebijakan di Dinas Perhubungan Kabupaten Badung ini  langganan juara di sejumlah kejuaraan tenis lapangan, baik kejuaraan perorangan maupun kejuaraan beregu antar club dan  antar instansi, baik kejuaraan di Bali maupun diluar Bali. Tahun 2003 Roy juara tunggal putra Kejuaraan Nasional veteran di Bali. "Saat itu, saya berusia tiga puluh tujuh tahun. Dalam kejuaraan yang sama di tahun berikutnya, saya juga keluar sebagai juara ganda putra kejuaran tenis veteran nasional berpasangan dengan Muhammad Nuriman petenis asal Banda Aceh," ungkapnya kepada Bali Tribune, Senin (1/4).

Selanjutnya pada tahun 2005, 2007, 2009 menjadi kapten tim tenis Kabupaten Badung dalam Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Bali dimana saat itu tim tenis Kabupaten Badung keluar sebagai juara umum tiga kali berturut turut. Kemudian tahun 2013, Roy mewakili Propinsi Bali dalam kejuaraan tenis beregu Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia yang diikuti seluruh Lembaga Kementerian pusat serta Pemerintah Daerah se Indonesia di Kota Manado, Sulawesi Utara. Kemudian tahun 2014 bersama tim tenis Pemerintah Kabupaten Badung keluar sebagai juara 1 kejuaraan tenis beregu dalam rangka HUT Kodam IX/Udayana di Denpasar. Selanjutnya pada tahun 2022 dalam kejuaraan tenis antar club yang bertajuk "Bali Bangkit",  Roy memperkuat clubnya Bimo Seno Tenis Club keluar sebagai juara 3. Di tahun 2023, Roy bersama tim tenis Bapor Badung juara 3 dalam kejuaran tenis antar instansi Pemerintah Daerah Propinsi dan Kabupaten se Bali. Dan masih banyak lagi turnamen lainnya yang Roy ikuti. "Kecintaan saya dengan tenis lapangan, sejak usia empat belas tahun sering diajak sang ayah bermain tenis sehingga saya tertarik dengan olahraga tenis sampai sekarang. Ayah saya juga langganan juara tenis khususnya antar Hakim se Indonesia dalam kejuaraan tenis piala Ketua Mahkamah Agung yang rutin digelar setiap dua tahun bertajuk kejuaraan PTWP, yaitu persatuan tenis warga pengadilan," terangnya.

Roy menambahkan dalam seminggu ia berlatihan 3 sampai 4 kali bersama club Bimo Seno dan club Bapor Badung. "Saat ini bulan puasa pun tetap latihan. Tapi cukup seminggu sekali tetapi prinsip saya pekerjaan kantor harus didahulukan," pungkasnya.