Tabanan Terus Upayakan Penurunan Tingkat Stunting | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 24 June 2024 11:58
JIN - Bali Tribune
Bali Tribune/POSYANDU - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri posyandu di Desa Bantiran, Kecamatan Pupuan.

balitribune.co.id | Tabanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan terus berupaya menurunkan tingkat stunting di wilayahnya. Meski saat ini, tingkat stunting di Kabupaten Tabanan ada di posisi 6,3 persen. Atau turun dua persen dari 2022 lalu.

 

Upaya tersebut dilakukan melalui intervensi serentak yang dikemas dalam program Posyandu bagi balita dan ibu hamil (bumil) sepanjang Juni 2024. Ini akan berkelanjutan. Cuma gebyarnya, secara serenta dilaksanakan pada Juni 2024, jelas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Ni Wayan Mariyati, Minggu (23/6 ).

 

Menurutnya, angka stunting di Kabupaten Tabanan jauh lebih rendah dari Provinsi yang berada di tingkat 7,2 persen dan nasional yang berada di posisi 21,14 persen. Di Tabanan sudah sangat bagus karena penurunannya signifikan. Sebelumnya 8,2 persen di 2023.

 

Posyandu ini juga bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil atau bumil untuk memeriksakan kesehatannnya dan calon anaknya. Ada tiga sasaran utamanya yakni balita, bumil, dan calon pengantin. Tidak hanya balita saja, tukasnya.