Tari Baris Jangkang Pelilit Nusa Penida, Diunggulkan Bakal Masuk Anugrah Pesona Indonesia 2020 | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 25 September 2020
Diposting : 6 August 2020 22:52
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Tari Baris Jangkang Pelilit dari Nusa Penida.
Balitribune.co.id | Semarapura - Masyarakat pariwisata Bali utamanya warga Klungkung sangat bangga Tari baris Jangkang di desa ada pelilit Desa Pejukutan Kecamatan Nusa Penida Klungkung masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia api 2020 katagori atraksi budaya. Setelah nominasi ini akan ada seleksi dari api kementerian pariwisata kemenpar dan agen promosi digital. 
 
Ditemui Asisten 1 administrasi pemerintahan dan kesejahteraan rakyat setda Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda Kamis(6/8) mengatakan ada dua kategori yang masuk nominasi yakni tari baris Jangkang dan dan FB promosi pariwisata Klungkung katagori promosi pariwisata digital.
 
"Ini selanjutnya akan diseleksi lagi dengan menggunakan voting via SMS dan video di YouTube," kata IB  Ketut Mas.
 
Selanjutnya jika lolos nominasi akan dibantu dari segi promosi pariwisata terutama digital. Selain dua kategori yang lolos nominasi Pemkab Klungkung juga mengajukan beberapa nominasi lainnya. Diantaranya destinasi belanja populer pasar seni Klungkung cinderamata terpopuler lukisan Kamasan, wisata olahraga dan petualangan terpopuler surfing di desa Lembongan dan desa jungut Batu Kecamatan Nusa Penida. 
 
Ekowisata terpopuler mangrove Nusa Lembongan situs sejarah terpopuler Kertagosa destinasi unik terpopuler Diamond pic dan Surga Tersembunyi terpopuler sumber mata air tembeling Nusa Penida. 
 
"Kami juga mohon dukungan voting nya pada 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020 ," ujar ide Bagus Ananda 
Lebih jauh kata Ananda disebutkan tari baris Jangkang ini diusulkan mengikuti seleksi karena memiliki keunikan yang khas baik dari gerakannya pakaiannya alur ceritanya dan bernuansa magis. 
 
Tari baris Jangkang desa adat pelilit Desa pekutan Kecamatan Nusa Penida Klungkung sebelumnya sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda WPTB nasional pada acara pekan kebudayaan nasional di Istora Senayan Gelora Bung Karno Jakarta 8 Oktober 2019 yang lalu.
 
Tari jangkang ini  sebagai tarian sakral milik Desa adat pelilit terbilang unik dan juga sulit untuk ditiru. Selain tariannya lanjut Mas Ananda perangkat gamelan untuk mengiringi tari baris Jangkang ini juga terbilang sakral. Salah satu perangkat gamelan yang terbilang sakral adalah tempur dahulu merupakan tempat makanan babi yang bahannya berasal dari perunggu jika benda ini dipukul-pukul dan mengeluarkan suara mampu membuat musuh kabur. 
 
Kali ini dipentaskan untuk mengiringi prosesi upacara tertentu yang dipentaskan di tempat tempat pelaksanaan upacara selain dipentaskan di Pura tempat suci pementasan juga diadakan di lingkungan rumah tangga biasanya dipentaskan untuk naur sesangi.