balitribune.co.id | Jakarta - Telkomsel sukses menyambungkan semangat pelanggan di momen Natal dan Tahun Baru (NARU) 2024/2025 dengan mengoptimalkan jaringan broadband canggih dan menyediakan produk serta layanan bernilai tambah. Melalui Telkomsel SIAGA NARU, Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas serta pengalaman digital pelanggan.
Sebelumnya, ragam upaya untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di momen NARU telah dilakukan Telkomsel, seperti memperluas cakupan jaringan 5G secara masif dengan menambah ratusan titik 5G baru di Jakarta dan sekitarnya, menyediakan 46 BTS COMBAT, menyediakan 271 BTS 4G baru, meningkatkan kapasitas 178 BTS 4G/LTE, lebih dari 269 ribu BTS 4G/LTE yang mencakup hingga 97% wilayah populasi Indonesia, serta mengoperasikan lebih dari 1.400 BTS 5G yang tersebar di lebih dari 56 kota/kabupaten.
Telkomsel juga telah memetakan 409 titik keramaian di seluruh Indonesia menggunakan pendekatan AI dalam jaringan otonomnya (Autonomous Network), khususnya untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan secara cepat dan proaktif. Hasilnya, Telkomsel sukses mengoptimalkan penanganan gangguan jaringan selama momen NARU 2024/2025. Tercatat sebanyak 93% gangguan yang terjadi berhasil ditangani secara otomatis melalui AN pada parameter eksekusi, dan rata-rata waktu pemulihan gangguan jaringan (Mean Time to Repair/MTTR) hanya 19,64 menit. Kecepatan respon ini membuktikan komitmen Telkomsel untuk selalu menjaga pengalaman pelanggan tetap optimal dan nyaman di momen-momen penting.
Selama momen NARU tahun ini, Telkomsel juga melakukan drive test dengan total jarak 17.266 km guna menjamin kesiapan jaringan, juga menyediakan 19 posko utama serta 118 posko reguler, serta beragam promo menarik untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan pelanggan.
Lewat ragam upaya yang telah dilakukan, tercatat trafik akses broadband Telkomsel meningkat signifikan sebesar 17,95% dibandingkan rerata hari biasa sepanjang 2024, atau naik 19,50% dibandingkan periode NARU sebelumnya. Total trafik layanan data (payload) mencapai puncaknya pada bulan Desember dengan angka 1.895 petabyte, meningkat 19,41% dibandingkan tahun sebelumnya.
Lonjakan aktivitas digital pelanggan juga tercatat mengalami pertumbuhan trafik di berbagai layanan seperti online gaming yang naik 68,74%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang naik 37,97%, media sosial yang naik 34,55%, video streaming yang tumbuh 30,42%, serta e-commerce yang melonjak hingga 40,01%. Selain itu, lima aplikasi dengan pertumbuhan payload tertinggi selama periode NARU 2024/2025 adalah Instagram (47,09%), WhatsApp (44,01%), TikTok (31,13%), Facebook (29,60%), dan YouTube (26,49%).
Pertumbuhan trafik layanan SMS Telkomsel sebesar 37,09% dibandingkan rerata hari biasa, sementara layanan suara (voice) mengalami penurunan 1,28%. Sejumlah wilayah juga mencatatkan pertumbuhan trafik data yang signifikan dibandingkan rerata hari biasa, seperti Sumatra yang meningkat lebih dari 20%, Jabotabek-Jawa Barat yang naik lebih dari 14%, Jawa Bali yang tumbuh lebih dari 18%, serta Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia yang meningkat lebih dari 16%.
Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, mengatakan, “Hasil pencapaian trafik broadband ini mencerminkan komitmen kami di Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas yang andal dan inovatif, sesuai visi perusahaan menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional. Dengan semangat membuka semua peluang, Telkomsel mendukung masyarakat Indonesia untuk terus maju melalui optimalisasi jaringan berteknologi terdepan dan layanan bernilai tambah yang berpusat pada kebutuhan pelanggan di momen penting NARU.”
Sementara itu, pergerakan pelanggan Telkomsel terbesar terjadi di tiga regional di momen NARU 2024/2025, yakni Jawa Tengah-DIY dengan penambahan lebih dari 200 ribu subscriber, Sumbagut dengan penambahan lebih dari 150 ribu subscriber, dan Jawa Barat dengan penambahan lebih dari 120 ribu subscriber.
Telkomsel juga mencatat beberapa destinasi wisata yang menjadi pusat aktivitas digital pelanggan selama periode NARU 2024/2025, di antaranya Pantai Kuta di Bali dengan kenaikan volume payload mencapai 115,56 terabyte, Wisata Kota Batu di Jawa Timur dengan 68,83 terabyte, serta Tempat Rekreasi Cipanas/Kota Bunga di Jawa Barat dengan 56,28 terabyte.
"Selama momen NARU, Telkomsel telah menunjukkan upaya kami untuk teru memahami kebutuhan pelanggan dan menghadirkan pengalaman digital yang nyaman. Kedepannya, kami akan selalu memastikan keandalan jaringan dan inovasi produk yang mendukung pelanggan untuk tetap terhubung dan produktif, seperti Natal dan Tahun Baru kali ini,” tutup Saki.