BPJS Kesehatan Tingkatkan Layanan dan Apresiasi Peserta di Hari Pelanggan Nasional | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 20 September 2024
Diposting : 20 September 2024 15:47
KSM - Bali Tribune
Bali Tribune / Aurora, salah satu peserta JKN yang telah dua kali mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar

balitribune.co.id | Denpasar – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional 2024, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar turut serta dalam berbagai kegiatan apresiasi untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pada perayaan Hari Pelanggan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merasa dihargai dan didengar karena BPJS Kesehatan membuka kesempatan bagi peserta untuk memberikan saran dan masukan, yang nantinya dapat meningkatkan kualitas pelayanan di masa depan.

Setiap peserta yang datang disambut dengan ramah, dilayani secara cepat, dan diberikan cenderamata sebagai bentuk penghargaan. Salah satu perwakilan peserta yang hadir, mengungkapkan rasa senangnya saat mendapatkan cenderamata dari BPJS Kesehatan sebagai bentuk apresiasi. Menurutnya, pemberian tersebut bukan hanya sekedar hadiah, tetapi juga menunjukkan perhatian BPJS Kesehatan terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta.

Aurora, salah satu peserta JKN yang telah dua kali mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Dia mengatakan bahwa semua masalahnya terselesaikan dengan baik karena layanan yang cepat dan sesuai keinginannya.

"Saya merasa puas karena kantornya itu bersih dan memiliki staf yang ramah serta responsif terhadap setiap pelayanan yang diberikan", ujar Aurora.

Perhatian terhadap kenyamanan tidak hanya sebatas pada acara perayaan, tetapi juga tercermin dalam pelayanan harian di Kantor BPJS Kesehatan. Hal ini sejalan dengan visi BPJS Kesehatan untuk terus mengutamakan kepuasan masyarakat dan memperbaiki setiap aspek pelayanan. Di masa mendatang, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan demi memastikan bahwa setiap masyarakat yang datang tidak hanya mendapatkan layanan kesehatan, tetapi juga pengalaman positif yang mendukung kesejahteraan mereka.

Acara yang digelar untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional ini menjadi momentum penting bagi BPJS Kesehatan dalam mempererat hubungan dengan masyarakat. Tidak hanya sekadar memberikan pelayanan, BPJS Kesehatan juga memastikan bahwa masyarakat merasa didengar dan dihargai. Melalui acara ini, diharapkan ada sinergi yang lebih baik antara BPJS Kesehatan dan masyarakat, sehingga ke depannya pelayanan yang diberikan bisa semakin efektif dan efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir, BPJS Kesehatan terus berusaha melakukan inovasi dan perbaikan di berbagai aspek. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan akses informasi dan pelayanan melalui berbagai kanal komunikasi. Dengan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam program JKN, BPJS Kesehatan memahami pentingnya menjaga kualitas pelayanan dan responsif terhadap setiap kebutuhan yang ada.

"Saya senang karena pelayanannya sangat cepat. Ditambah lagi, saya mendapat cenderamata sebagai bentuk penghargaan. Ini menunjukkan bahwa BPJS Kesehatan benar-benar peduli pada pesertanya," ujar Aurora.

Hari Pelanggan Nasional 2024 ini juga menegaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak hanya berfokus pada aspek administratif, tetapi juga menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat khususnya peserta JKN. Dengan adanya dialog terbuka, masyarakat tidak lagi merasa hanya sebagai pengguna layanan, tetapi juga menjadi bagian penting dalam proses peningkatan layanan itu sendiri. Kedepannya, BPJS Kesehatan akan terus mendengarkan masukan dari peserta JKN untuk selalu memperbaiki dan menyesuaikan pelayanan sesuai kebutuhan.

Komitmen BPJS Kesehatan untuk selalu berada di garis depan dalam memberikan pelayanan yang optimal menjadi modal penting dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Perayaan Hari Pelanggan Nasional ini hanyalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan untuk memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan antara BPJS Kesehatan dan Peserta JKN. Dengan terus menempatkan kepuasan dan kenyamanan sebagai prioritas utama, BPJS Kesehatan berharap dapat menjadi institusi pelayanan kesehatan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Sebagai Informasi tambahan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN senantiasa mengembangkan inovasi demi kemudahan peserta dalam mengakses berbagai layanan seperti Aplikasi Mobile JKN yang memiliki berbagai fitur kemudahan untuk Peserta JKN antara lain: informasi peserta,pendaftaran antrean online, konsultasi dokter, perubahan data peserta, skrining riwayat kesehatan, info iuran, pengaduan layanan JKN, info ketersediaan tempat tidur dan tentunya masih banyak lagi kemudahan yang ditawarkan oleh Aplikasi Mobile JKN.

Selain Aplikasi Mobile JKN, tersedia juga layanan daring lain untuk peserta JKN seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 dan BPJS Kesehatan Care Center 165. Tujuan dari layanan-layanan ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN