Jembrana Raih Penghargaan Nasional Penyelenggara Desa Cantik Terbaik | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 September 2024
Diposting : 27 September 2024 05:47
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / PENGHARGAAN - Sekda Jembrana, I Made Budiasa menerima penghargaan tingkat nasional sebagai Penyelenggara Desa Cantik Terbaik.

balitribune.co.id | NegaraSetelah meraih penghargaan Penyelenggara Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) Terbaik 2021-2023, pada peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2024, Kabupaten Jembrana kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini Jembrana meraih penghargaan sebagai Penyelenggara Desa Cantik Terbaik.

Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan program pembinaan statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) kepada desa/kelurahan untuk  meningkatkan kapasitas dan literasi aparat desa/kelurahan akan data sebagai pijakan pengambilan kebijakan. Penghargaan ini diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Pemerintah Kabupaten Jembrana diberikan penghargaan atas pengelolaan serta pemanfaatan data desa yang akurat dan berkualitas guna mendukung pembangunan berbasis data melalui program Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD). Dengan program JSDDD tersebut menjadikan Jembrana sebagai kabupaten pertama yang menggunakan data desa sebagai pondasi utama dalam pembangunan daerah.

JSDDD sebagai platform data digital yang dimiliki kabupaten Jembrana, dianggap telah memenuhi prinsip-prinsip Satu Data Indonesia. BPS juga menilai JSDDD dapat digunakan sebagai sumber data dalam Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan secara Nasional. Karena itu, baik BPS maupun Pemkab Jembrana telah melengkapi diri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Sebelumnya Desa Cantik Jembrana secara berturut turut mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Tahun 2022 dan 2023, Program Desa Cantik di Desa Perancak dan Desa Warnasari. Tahun 2024 ini Program Desa Cantik di Desa Pulukan memenuhi syarat untuk mengikuti Program Desa Cantik. Harapan mampu meraih capaian yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya ternyata tercapai dan menjadi terbaik .

Penghargaan tahun ini telah diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karbavian kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa di Jakarta Pusat (26/9). Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan semua pihak memiliki peran yang penting dalam menciptakan data statistik yang berkualitas yang digunakan sebagai pondasi dalam pembangunan negara.

Kolaborasi antara BPS dengan berbagai stakeholder disebutnya menjadi kunci penyediaan statistik yang berkualitas. "Kolaborasi semua aktor dalam sistem statistik Nasional menjadi penting untuk memperkuat berbagai aspek kunci yang mendukung keberhasilan penyelenggaraan statistik, mulai dari pembangunan kapasitas penyelenggara statistik, optimalisasi sumber data, pemanfaatan hingga peningkatan literasi statistik," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa mengatakan keberhasilan ini memperkuat posisi Kabupaten Jembrana sebagai daerah yang unggul dalam tata kelola data desa, "Atas komitmen kita bersama dalam mendukung program Desa Cantik, tahun ini kita kembali memperoleh penghargaan dari BPS. Ini atas kerja keras kita bersama antara Pemerintah Daerah, BPS dan Desa," ucapnya.

Prestasi ini menurutnya salah satu pondasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan menerapkan kebijakan berbasis data. Ia juga berharap Jembrana bisa terus meningkatkan kualitas data sehingga program yang disusun oleh pemerintah benar-benar tepat dan dibutuhkan oleh masyarakat. "Kita akan terus berupaya menyempurnakan data yang kita miliki untuk mensejahterakan masyarakat," tandasnya.