Calisthenic Menarik Perhatian Wisatawan Asing di Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 03 Oktober 2024
Diposting : 2 October 2024 18:27
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / POPULER - Calisthenics, olahraga yang sudah mulai populer di kalangan wisatawan asing

balitribune.co.id | BadungKendati belum populer di Indonesia, olahraga calisthenics tampaknya akan berpotensi menjadi salah satu wisata olahraga yang mampu mendatangkan turis asing ke Bali. Para penggemar olahraga ini dari sejumlah negara berkumpul di Canggu Kabupaten Badung dalam rangka adu bakat yang menarik perhatian turis asing saat sedang berlibur di Pulau Dewata beberapa waktu lalu. 

Tampaknya olahraga ini sudah mulai populer di kalangan wisatawan asing. Hal itu terlihat saat para atlet calisthenics dari beberapa negara yang menunjukkan kemampuannya di salah satu tempat gym di Badung, penontonnya sebagian besar merupakan turis asing. 

Kejuaraan calisthenics internasional yang berlangsung di Bali ini akan mendorong Pulau Dewata mampu menjadi salah satu destinasi utama sport tourism atau wisata olahraga khususnya bagi penggemar calisthenics dari mancanegara. 

Calisthenics Master Trainer, Wijaya Kusuma mengatakan, kejuaraan calisthenics internasional tahun ini yang berlangsung di Bali mendatangkan atlet dari Malaysia, Vietnam, Perancis dan Itali. "Tujuan digelar di Bali supaya calisthenics semakin dikenal apalagi di Bali banyak turis-turis mancanegara dari berbagai negara. Harapannya calisthenics di Indonesia semakin maju dan berkembang," harapnya. 

Calisthenics merupakan bentuk latihan fisik yang menggunakan berat tubuh sendiri untuk melatih otot. Olahraga ini melibatkan gerakan-gerakan seperti menarik, mendorong, dan mengangkat tanpa perlu menggunakan alat tambahan. Manfaat dari calisthenics meliputi peningkatan kekuatan otot, fleksibilitas, keseimbangan, dan daya tahan tubuh.

Kini olahraga calisthenics semakin populer di Bali terutama di kalangan wisatawan asing di daerah Kuta Utara. Olahraga ini menarik karena bisa dilakukan di mana saja dengan sedikit atau tanpa peralatan khusus. Selain itu banyak tempat di Kuta, Bali yang kini menyediakan fasilitas untuk calisthenics. Melalui kejuaraan yang melibatkan para peserta dari berbagai negara ke Bali diharapkan calisthenis di Indonesia semakin diminati.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan semakin populernya olahraga ini di Bali diharapkan pula bisa mendatangkan para penggemar calisthenics dari seluruh dunia.