Kebakaran di Dua Lokasi, Hanguskan Lahan Pertanian Buah Mangga dan Mete | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 03 Oktober 2024
Diposting : 3 October 2024 08:27
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / PADAMKAN API - Petugas Damkar Karangasem berusaha memadamkan api kebakaran lahan yang terjadi di Banjar Dinas Penggak Sajeng, Desa LAbasari, Kecamatan Abang, Karangasem.

balitribune.co.id | AmlapuraDalam sehari petugas Pemadam Kebakaran (Daamakar) Kabupaten Karangasem menangani tiga kejadian kebakaran yang terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Karangasem.

Kejadian kebakaran tersebut masing-masing terjadi di Banjar Dinas Penggak Sajeng, Desa Labasari, Kecamatan Abang, di Banjar Dinas Bantas, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, dan di Lingkungan Karangsokong, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem.

Di Kecamatan Abang, lahan pertanian milik petani di Banjar Dinas Penggak Sajeng, Desa Labasari seluas dua hektar lebih hangus terbakar. Tidak diketahui sumber api kebakran lahan tersebut, dimana warga saat itu sudah melihat api membesar dan terus merembet dengan cepat akibat tiupan angin yang cukup kencang.

Melihat kejadian tersebut, warga pun langsung berupaya melakukan pemadam dengan cara manual yakni menepak api dengan ranting basas setelah sebelumnya menghubungi Pemadam Kebakaran Karangasem untuk penanganan secapat kebakaran. Sementara usai menerima laporan tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem menerjunkan dua unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran.

Dibantu warga, pertugas bergerak cepat melokalisir api agar tidak terus merembet ke lausan lahan, mengingat kebakran tersebut terjadi di dekat rumah warga dan kandang ayam. “Kejadian kebakaran di Desa Labasari itu titik api kebakaran sangat dekat dengan rumah warga dan kandang ayam! Nah sementara yang terbakar itu adalah lahan kosong yang merupakan lahan pertanian tadah hujan,” ungkap Kasi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, I Putu Darma Kartika, Rabu (2/10).

Dengan bantuan warga, aparat kepolisian dari Polsek Abang dan Koramil Abang, api kebakaran lahan tersebut berhasil dipadamkan. Setelah itu petugas pemadam kebakaran dengan dua unit mobil pemadam lanjut beregrak menuju ke Banjar Dinas Bantas, Desa Baturinggit, Kcamatan Kubu untuk memadamkan api kebakaran yang menghanguskan lahan perkebunan mangga seluas 3,5 hektar.

“Sorenya pada hari yang sama kami juga melakukan penanganan kebakaran tempat pembuangan sampah di dekat sekolah MAN Amlapura. Api sudah tertangani dengan cepat oleh anggota kami,” sebutnya. Sementara kejadian kebakaran di tempat pembuangan sampah ini akibat kelalaian warga membakar sampah tanpa di awasi, sehingga api membesar dengan cepat.