Penerbangan Langsung Hong Kong-Bali Dilayani Tiga Maskapai, Diharapkan Menambah Jumlah Wisman | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Oktober 2024
Diposting : 3 October 2024 19:20
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MENDARAT - wisatawan dari Hong Kong mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

balitribune.co.id | KutaPenerbangan langsung dari Hong Kong menuju Bali kini dilayani tiga maskapai. Konektivitas di rute tersebut kian ramai seiring dengan bertambahnya maskapai penerbangan yang melayani Hong Kong-Bali (Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai). Tiga maskapai yang melayani rute ini yakni Cathay Pacific, Hongkong Airlines dan AirAsia. 

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Ahmad Syaugi Shahab menerangkan, dengan bertambahnya frekuensi penerbangan dari dan menuju Hong Kong, kini tersedia tambahan alternatif jadwal penerbangan bagi pengguna jasa bandara. “Sebelumnya tersedia penerbangan pagi dan sore. Saat ini (per 1 Oktober 2024) hadir di jam keberangkatan (dini hari). Berdasarkan catatan kami rute Hong Kong cukup baik performanya, dengan rata-rata tingkat keterisian kursi mencapai 80 persen,” ujarnya dalam siaran persnya beberapa waktu lalu. 

Ia mengungkapkan, permintaan rute Hong Kong tampak menjanjikan. Salah satunya terlihat dari perubahan tipe pesawat yang diajukan adalah menggunakan Boeing 777 berbadan lebar berkapasitas 438 kursi, setelah sebelumnya menggunakan Airbus 333 berbadan sedang dengan kapasitas 317 kursi penumpang. Dari sisi ketepatan waktu realisasi dan rencana penerbangan, rute ini juga cukup positif dengan on time performance mencapai 83 persen. 

Hingga 30 September 2024, jumlah penumpang penerbangan Hongkong-Denpasar pergi-pulang (PP) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali mencapai 302.547 penumpang atau 2,87 persen dari total penumpang internasional yang mencapai 10,5 juta penumpang. Syaugi berharap hal ini mampu menambah daya tarik rute tersebut dan memberikan kontribusi peningkatan jumlah wisatawan mancanaegara dari Hong Kong yang berkunjung ke Indonesia. 

Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ni Made Ayu Marthini mengatakan, konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia memang dinantikan. "Penerbangan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan,” ujarnya.